Bu Mega Keluarkan Perintah Jelang HUT PDIP, Seluruh Kader Harus Patuh

Sabtu, 07 Januari 2023 – 15:26 WIB
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri di Sekolah Partai, Jakarta Selatan. Dokumen DPP PDIP

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri mengeluarkan perintah kepada kadernya di seluruh daerah jelang perayaan HUT ke-50 partai pada 10 Januari 2023.

Menurut Sekretaris Jenderal DPP PDIP Hasto Kristiyanto, surat perintah itu dikeluarkan pada 7 Januari 2023. Di dalam surat perintah itu, Presiden Kelima RI itu memberikan tujuh arahan untuk dijalani seluruh kader.

BACA JUGA: PDIP Bakal Deklarasi Capres 10 Januari? Arief Poyuono Singgung Soal Trah Soekarno

Di awal surat, disampaikan Hari Ulang Tahun PDI Perjuangan merupakan momentum yang sangat penting untuk menggelorakan semangat juang partai dengan melihat seluruh perjalanan kepartaian dari pembentukan PNI pada 4 Juli 1927, PDI pada 10 Januari 1973, hingga menjadi PDI Perjuangan. Semuanya itu guna menjawab panggilan sejarah PDI Perjuangan bagi masa depan bangsa dan negara Indonesia.

“Bahwa sehubungan dengan hal tersebut, maka selaku Ketua Umum PDI Perjuangan dengan ini saya sampaikan Perintah Harian Ketua Umum PDI Perjuangan,” demikian petikan surat perintah itu, seperti termuat dalam dokumen itu pada Sabtu (7/1).

BACA JUGA: Indonesia Menghadapi Tantangan Ideologi, PDIP Jangan Puas Menang Pemilu 20 Persen

Pertama, Megawati memerintahkan kader PDIP memperkokoh Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara, Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika.

Kedua, Megawati menginginkan kader menggenggam tangan rakyat, menjadikan PDI Perjuangan sebagai kekuatan pemersatu bangsa, dan solid bergerak menyatu memenangkan Pemilu 2024.

BACA JUGA: PDIP Disebut Tak Seperti Partai Lain yang Rekrut Kader Berbasis Popularitas dan Artis

Ketiga, gelorakan jiwa gotong rotong guna menghapus paham individualisme, dan jadikan mimpi rakyat untuk diperjuangkan sebagai kepentingan kolektif utama partai.

Keempat, kader PDIP diminta menyalakan semangat api perjuangan nan tak kunjung padam dalam seluruh aspek kehidupan, khususnya membangun semangat juang dari kalangan petani, nelayan, dan buruh.

Kelima, wujudkan semangat dan roh perjuangan PDIP agar menjadi satu kekuatan yang solid bergerak ke bawah membangun semangat juang rakyat. Sebab rakyatlah pemegang kedaulatan politik tertinggi kekuasaan pemerintahan negara.

Keenam, hadirkan program kongkrEt di tengah rakyat melalui gerak kebudayaan membangun jati diri bangsa.

Ketujuh, Megawati memerintahkan kader agar melanjutkan langkah rekrutmen, pendidikan politik, kaderisasi kepemimpinan secara sistemik, dan secara sungguh-sungguh menyerap seluruh aspirasi rakyat untuk menjadi kebijakan publik.

Tak hanya itui, Megawati juga meminta kader terus memperkuat lima Mantap Partai, yakni mantap ideologi, organisasi, kader, program, dan sumber daya, serta mendorong penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi, kedepankan riset, dan inovasi.

Megawati menutup perintahnya dengan motivasi agar kader menggelorakan semangatnya pada 10 Januari 2023. Dan, semua poin perintah itu dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab.

Untuk diketahui, pada 10 Januari 2023, PDIP akan merayakan HUT ke-50. Adapun, peringatan ini akan dilakukan sebagai bagian konsolidasi partai dalam rangka Pemenangan Pemilu sehingga sifatnya lebih ke internal guna memperkuat jati diri PDIP sebagai partai ideologi Pancasila dengan ciri kerakyatan, kebangsaan, dan keadilan sosial.

Berdasarkan pengumuman dari DPP PDIP, tajuk yang diusung adalah "Genggam Tangan Persatuan dengan Jiwa Gotong Royong dan Semangat Api Perjuangan Nan Tak Kunjung Padam", dengan Subtema: “Persatuan Indonesia untuk Indonesia Raya". (tan/jpnn)

Jangan Lewatkan Video Terbaru:

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pengamat Nilai PDIP di Usia 50 Tahun Makin Matang dan Solid 


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler