Seekor buaya berukuran 4,5 meter yang dilukiskan sebagai "dinosaurus hidup" berhasil ditangkap dan dijauhkan dari perairan pesisir pantai di utara Kota Cairns, Australia.

Awal bulan ini, Departemen Lingkungan Hidup negara bagian Queensland (DES) menyebut buaya itu sebagai reptil bermasalah, setelah menerima laporan warga setempat.

BACA JUGA: Warga Australia Yang Hengjun Menjalani Sidang di Tiongkok Setelah ditahan Selama Dua Tahun Lebih

Buaya ini disebut-sebut berperilaku sangat agresif di dekat Pantai Newell, sekitar 80 kilometer utara Cairns.

Dr Matt Brien dari DES menjelaskan buaya jantan itu diperkirakan berusia 50 tahun lebih.

BACA JUGA: Melbourne Berlakukan Lockdown Selama 7 Hari, Hanya Ada 5 Alasan Untuk Keluar Rumah

"Buaya ini ibaratnya dinosaurus hidup," ujar Dr Matt.

"Ukuran badannya menunjukkan potensi risiko yang cukup serius bagi keselamatan publik. Hewan ini adalah pemangsa ganas untuk banyak hal termasuk manusia," katanya.

BACA JUGA: Menurut Survei, Influencer adalah Golongan yang Paling Tidak dipercaya di Australia

"Meskipun tidak lazim bagi buaya untuk menyerang manusia, namun mereka sangat mampu melakukannya. Kami tidak mau mengambil risiko apapun dalam menjaga keselamatan publik," tambah Dr Matt.

Ia mengatakan perilaku reptil itu menunjukkan kemungkinan besar telah diberi makan oleh manusia di wilayah pesisir pantai tersebut.

"Buaya ini mendekati perahu, warga dan hewan seperti anjing tanpa rasa takut. Otomatis hal ini menunjukkan bahwa ia telah diberi makan sebelumnya," jelasnya.

Dr Matt mengungkapkan buaya ini terlihat memakan umpan di dalam alat penangkap kepiting yang ada di perairan tersebut.

"Ini menunjukkan bahwa ia sedang mendekati tahap akhir dari dominasinya di daerah itu dan berusaha mendapatkan makanan yang mudah," jelasnya. Menangkap 'dinosaurus hidup'

Pihak berwenang akhirnya berhasil menangkap buaya itu dengan perangkap apung yang dipasangi umpan di Pantai Newell minggu ini.

Setelah berada di dalam perangkap, petugas selanjutnya mengamankan dan memindahkan buaya ini.

"Dari segi ukuran secara keseluruhan, ini ibaratnya dinosaurus dan tidak boleh dianggap enteng," kata Dr Matt.

Bagi mereka yang pernah menonton film Jurassic Park, katanya, buaya ini sangat nyata dan tidak membosankan untuk dilihat.

Karena ukurannya, hewan tersebut harus dianggap sebagai "buaya ikonik" di bawah UU Konservasi Queensland.

Dr Matt mengatakan reptil itu disimpan dalam kandang DES di Cairns dan akan dikembalikan ke peternakan buaya, kebun binatang, atau objek wisata lainnya.

"Persyaratannya menurut UU adalah disimpan hingga akhirnya hidupnya dan dimanfaatkan untuk kepentingan informasi dan pendidikan," jelasnya.

Diproduksi oleh Farid M. Ibrahim dari artikel ABC News.

BACA ARTIKEL LAINNYA... Aktivis Antikorupsi Indonesia Mengaku Banyak Dapat Serangan Digital, Terutama Sejak Puluhan Pegawai KPK Diberhentikan

Berita Terkait