Bukan Kesalahan Jokowi

Rabu, 03 Desember 2014 – 14:36 WIB
SLANK mendukung kebijakan kenaikan harga BBM bersubdisi yang diputuskan pemerintahan Jokowi-JK. Foto: dok.JPNN

jpnn.com - SLANK tampaknya konsisten memberikan dukungan kepada Joko Widodo-Jusuf Kalla.

Antusias menyokong pasangan tersebut saat pertarungan pilpres 2014, para musisi band dengan fans cukup luas itu pun mendukung kenaikan harga BBM bersubsidi.

BACA JUGA: Saya Harus Ngurus Negara

Sikap Slank itu sempat menuai kontroversi dari sebagian publik. Maklum, arus besar masyarakat menentang kebijakan di awal pemerintahan anyar itu. Terlebih, Slank pernah merilis lagu berjudul "Kritis BBM" dalam album Slank Kissme tahun 2005.

Apa sih yang menjadi alasan Slank mendukung kebijakan kenaikan harga BBM? Apa memang sudah bertekad mati-matian membela Jokowi-JK, apa pun kebijakannya?

BACA JUGA: Kini, Golkar Partai Sekoci

Berikut wawancara wartawan JPNN, Yessy Artada dengan Mohammad Ridwan Hafiedz atau akrab dipanggil Ridho Slank di Casablanca, Jakarta, Selasa (2/12).

Apakah Slank kecewa dengan kebijakan Jokowi-JK menaikkan harga BBM, karena saat pilpres dulu getol mendukung pasangan itu?

BACA JUGA: Kejaksaan Harus Sekuat KPK

Kalau dari aku pribadi ditanya soal itu, pasti nggak ada yang mau kalau harga BBM naik, tapi kalau liat penjelasan dari Pak Jokowi, karena subsidi kita udah melebihi dari kapasitas. Toh uangnya akan untuk pembangunan.

Banyak masyarakat yang menyalahkan Jokowi karena telah menaikkan harga BBM, kok Slank malah mendukung?

Dari jamannya Presiden Habibie, Bu Megawati, Pak SBY, dari jaman presidennya siapa pun kenaikan harga BBM memang udah terjadi. Ini bukan kesalahan Jokowi, itu udah salah dari pemerintahan awal. Kalau mau nyalahin ya dari mereka dulu. Kita di dunia ini memang nggak akan bisa membahagiakan semua orang, termasuk Pak Jokowi. Tapi ada upaya dia untuk mensejahterakan rakyat.

Yakin dana dari hasil pemangkasan subsidi BBM akan dialokasikan Jokowi-JK untuk masyarakat yang kurang mampu?

Naikkan harga BBM ini, ada hope-nya. Kalau gue lihat ada upaya Jokowi untuk mensejahterakan rakyat. Dananya untuk bangun sekolah-sekolah dan rumah sakit di daerah terpencil.

Sikap konkrit apa yang ditunjukkan Slank terhadap kenaikan BBM subsidi ini?

Kalau untuk gue pribadi sih, subsidi BBM memang buat orang yang mampu dan banyak orang yang selama ini belum sadar. Misalnya gue, gue jadi sadar bahwa mobil gue bukan lagi harus pakai BBM subsidi, tapi non subsidi.

Kalau suatu saat Jokowi-JK membuat kebijakan yang tidak pro-rakyat lagi, apa Slank tetap memberikan dukungan?

Kita memberikan support, tapi ibaratnya nggak membela sampai mati-matian. Secara proporsional aja. Kalau bagus ya kita support.

Artinya Slank juga siap mengkritik kebijakan Jokowi-JK?

Kenapa nggak, kita dukung bukan berarti tidak mengkritik, dari dulu kita support yang bener. Sebenernya jangan takut berada di bawah ketek pemerintah, karena kita terus akan mengkritisi. Apalagi, kita nggak dapat apa-apa dalam memberikan dukungan, dibayar juga nggak, dapet jabatan juga nggak. Kita support (Jokowi-JK) karena kita lihat Indonesia punya kesempatan maju melalui Jokowi.***

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Penyelesaian Mirip Sandiwara


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler