BUMN Baru Siap Danai Proyek Tahun Ini

Rabu, 15 April 2009 – 10:23 WIB
JAKARTA-PT Sarana Mualti Infrastruktur (SMI), perusahaan pendanaan infrastruktur baru milik pemerintah, akan fokus pada proyek-proyek yang mendatangkan keuntunganSMI diharapkan segera membiayai proyek yang layak di sisi pengembalian modal yang ditanam serta bermanfaat bagi publik.
 
"Melalui SMI, sekarang sudah ada pendanaannya (proyek infrastruktur)

BACA JUGA: KPK-N Desak Pemerintah Kuasai PT.NNT

Tantangannya, bagaimana mencari proyek-proyek yang bagus," kata Deputi Menko Perekonomian Bidang Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah Bambang Susantono dalam perkenalan PT SMI, Selasa (14/4).
 
Pemerintah menargetkan SMI menggelontorkan pembiayaan pada sedikitnya dua proyek pada 2009
Karena itu, akan dipercepat proses pembentukan anak usaha yang direncanakan menjadi ujung tombak pembiayaan

BACA JUGA: Silang Pendapat Carrefour-KPPU

"Fokusnya, proyek-proyek kerja sama pemerintah dan swasta," katanya.
 
SMI merupakan BUMN yang  khusus bertanggung jawab langsung kepada Menkeu
Modal awalnya Rp1 triliun

BACA JUGA: Carrefour Bantah Tuduhan KPPU

SMI bisa membentuk anak usaha ataupun perusahaan patungan
 
Dirut PT SMU, Emma Sri Martini mengatakan, anak usahanya akan melibatkan swasta dan lembaga-lembaga multilateralBeberapa lembaga yang sudah berkomitmen adalah Bank Pembangunan Asia (ADB) sebesar USD 140 jutaJuga, Bank Dunia, DEG, dan KfW (Bank Pembangunan Jerman).
 
Menurut dia, perusahaan patungan pertama yang dibikin adalah Indonesian Infrastructure Finance FacilityDi anak usaha ataupun perusahaan patungan itu, pemerintah sengaja menjadi minoritas dalam penyertaan modal"Agar bisa bergerak lebih cepat," kata Emma.
 
Dia menyebut, SMI sedang menjajaki beberapa proyek kerja sama pemerintah dan swastaProses identifikasi proyek dilakukan bersama dengan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas)"Setidaknya, semester II tahun ini harus mulai jalan dan jelas proyek yang akan dibiayai," ujarnya.
 
Namun, dia enggan menyebutkan detil proyek yang dimaksudUntuk sementara, kata dia, prioritas pembiayaan diberikan ke proyek skala kecil, seperti instalasi air bersih Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM)"Modal kami juga masih terbatasKalau jalan tol, tidak mungkin," jelasnya(sof/dwi)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Harga BBM Tetap


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler