Bupati Jember: Saya Baru Pertama Kali Melihat Tanaman Ganja

Jumat, 10 November 2023 – 22:37 WIB
Kapolres Jember AKBP M. Nurhidayat bersama Bupati Jember Hendy Siswanto menggelar konferensi pers terkait penangkapan tersangka yang digelar di mapolres setempat, Jumat (10/11/2023). (ANTARA/Zumrotun Solichah)

jpnn.com, JEMBER - Warga Desa Karangbayat, Kabupaten Jember, Jawa Timur, berinisial MT melakukan budi daya tanaman ganja di pekarangan rumahnya.

MT pun akhirnya ditangkap aparat Polres Jember.

BACA JUGA: Musnahkan 16 Kg Barbuk Narkotika, BNN Selamatkan 32 Ribu Jiwa

"Terungkapnya tanaman ganja di rumah pelaku setelah jajaran Satreskoba Polres Jember menangkap MR, warga Kecamatan Tanggul, selaku pengguna dan pengedar sabu-sabu," kata Kapolres Jember AKBP M. Nurhidayat dalam konferensi pers di mapolres, Jumat.

Dari pemeriksaan terhadap MR, polisi mendapatkan petunjuk jika paket ganja tersebut diperoleh dari MT.

BACA JUGA: Sebegini Aset yang Dimiliki Ayah Gembong Narkoba Fredy Pratama

Polisi kemudian melakukan penyelidikan dan akhirnya menangkap MT.

"Dari hasil pemeriksaan sementara terhadap pelaku, MT mengaku telah mendapatkan tanaman ganja tersebut dari seseorang yang menyuruhnya untuk menanam," tuturnya.

BACA JUGA: Hasto Bongkar Skenario Istana soal MK, lalu Sebut Nama Pratikno

Kapolres menjelaskan MT mendapatkan bibit tanaman ganja dari pemberian temannya dan disuruh untuk menanamnya.

Namun, pengakuan itu tidak bisa dipercaya begitu saja sehingga polisi masih akan menyelidiki hal tersebut.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, polisi menjerat pelaku dengan Pasal 112, 114 dan juga Pasal 111 KUHP dengan ancaman pidana minimal lima tahun dan maksimal 20 tahun penjara.

Sedangkan dari tangan pelaku MT, polisi menyita lima batang pohon ganja ukuran besar dan enam benih ganja yang baru tumbuh dengan ketinggian tidak lebih dari 10 sentimeter.

Sementara itu, Bupati Jember Hendy Siswanto mengapresiasi keberhasilan Polres Jember yang telah mengungkap pengedar sekaligus pelaku budi daya tanaman ganja basah.

"Saya sedih dan kaget, di Kabupaten Jember ada warga yang menanam ganja. Saya saja orang Jember baru pertama kali melihat tanaman ganja," kata Hendy yang hadir dalam konferensi pers itu.

Bupati prihatin dengan temuan polisi terkait warga menanam ganja di pekarangan rumah dan menegaskan bahwa pencegahan peredaran narkotika merupakan tanggung jawab bersama.

"Saya berharap masyarakat proaktif dan berani melapor jika ada peredaran narkotika di lingkungan sekitarnya karena tidak bisa kalau polisi bekerja sendirian dalam memberantas peredaran narkotika, harus ada keterlibatan masyarakat," ujarnya. (antara/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pengakuan Wanita Pelaku Perampokan Pengusaha Hotel, Walah


Redaktur & Reporter : Rah Mahatma Sakti

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler