Bupati Kendal Ungkap Bansos Kemensos Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat

Jumat, 24 September 2021 – 17:20 WIB
Menteri Sosial Tri Rismaharini dan Anggota Komisi VIII DPR Bukhori Yusuf dalam kunjungannya di Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, Kamis (23/9). Foto: dok Kemensos

jpnn.com, KENDAL - Bupati Kendal Dico M Ganinduto mengatakan bantuan sosial (Bansos) dari Kementerian Sosial (Kemensos) 99,9% telah disalurkan ke masyarakat kurang mampu.

Hal itu diungkapkan Bupati Kendal Dico dihadapan Menteri Sosial Tri Rismaharini dan Anggota Komisi VIII DPR Bukhori Yusuf dalam kunjungannya di Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, Kamis (23/9).

BACA JUGA: Pesan Menyentuh Mensos Risma ke Anak-anak Terdampak Covid-19: Kalian Tidak Sendiri...

Dico memaparkan bansos yang diterima dari Kemensos yakni Bantuan Sosial Tunai (BST), Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT)/Kartu Sembako.

"Untuk BST terdapat penerima 42.630 KPM, dan telah disalurkan per 22 September 2021 periode Mei-Juni 31.076 KPM," kata Dico.

BACA JUGA: Mensos Risma Punya Pesan Khusus untuk Relawan Tagana, Begini Kalimatnya

Lebih lanjut, Dico mengatakan untuk penyaluran PKH tercatat 99% sudah terealisasikan.

Dia menjabarkan tahap pertama tercatat 41.326 KPM dan sudah tersalurkan sebanyak 41.325 KPM.

BACA JUGA: Mensos Risma Berikan Penguatan Kewirausahaan Penyandang Disabilitas di Kalsel

Tahap kedua sebanyak 41.229 KPM sudah tersalurkan 41.227 KPM. Sementara tahap ketiga terdata 41.260 KPM sudah tersalurkan sebanyak 40.590 KPM.

"Tahap pertama sudah direalisasikan 99,9 persen, tahap kedua 99,9 persen dan tahap ketiga 98,9 persen," paparnya.

Kemudian, bantuan pangan non tunai (BPNT)/Kartu Sembako data per 22 September 2021 sebanyak 72.662 KPM yang menerima bantuan, 72.548 KPM yang bertransaksi dan 114 yang belum tersalurkan.

Sementara bantuan sosial anak yatim piatu terdampak Covid-19 tercatat kuota penerima sebanyak 218 anak.

Dengan perincian 40 anak diberikan bantuan, 30 anak validasi data, dan 178 sisa kuota yang akan direalisasikan.

Terkait beberapa program bantuan yang belum terealisasikan, Dico mengatakan melakukan koordinasi dengan Bank Milik Negara (Himbara) dan PT Pos Indonesia untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.

"Kemarin kita koordinasi dengan PT Pos terkait, memang ada data yang kita verifikasi dan datanya tidak sesuai dengan DTKS yang sudah diberikan, harapannya kita semua di sini kompak untuk memastikan bahwa distribusi bansos khusus bansos dari Kemensos tepat sasaran," kata Dico.

Selain itu, kata Dico, bansos yang diberikan berkontribusi dalam meningkatkan perekonomian dan mensejahterahkan masyarakat Kendal.

"Harapannya bisa memberikan semangat khususnya bagi KPM yang sudah mendapat bantuan agar usahanya bisa mandiri dan mereka bisa membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat Kendal lainnya," pungkas Dico. (mrk/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Mensos Tunggu Koordinasi Bantu Keluarga Korban Kebakaran Lapas Kelas I Tangerang


Redaktur : Dedi Sofian
Reporter : Tim Redaksi, Dedi Sofian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler