Bupati Muhdlor Luncurkan Kredit Sayang Berbunga 3% Per Tahun

Senin, 15 Maret 2021 – 19:29 WIB
Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali. Foto: Kominfo Pemkab Sidoarjo

jpnn.com, SIDOARJO - Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali meluncurkan Kredit Usaha Rakyat Daerah (KURDA) Sayang Sidoarjo yang Gemilang.

Program tersebut bertujuan untuk menggenjot pemulihan ekonomi daerah.

BACA JUGA: Eri Cahyadi sebagai Penyerang, Lihat Gayanya di GBT Surabaya

Bupati berusia 30 tahun itu mengatakan, saat ini usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) terdampak pandemi.

Untuk bisa bangkit, salah satu yang menjadi kendala adalah akses modal murah, sehingga diperlukan program terobosan untuk menjawab kebutuhan UMKM.

BACA JUGA: Para Guru Mengenang Gus Muhdlor yang Bandel di Sekolah, Tetapi Selalu di Atas Rata-Rata

“Saya sudah keliling ke banyak desa, ketemu UMKM-UMKM, ekonomi rakyat di tingkat akar rumput. Mereka terkendala akses modal yang murah. Makanya sejak dilantik 26 Februari, saya langsung siapkan skema kredit murah, hingga hari ini diluncurkan Kredit Sayang,” ujar Muhdlor saat meluncurkan program tersebut, Senin (15/3).

Kredit Sayang diluncurkan melalui BPR Delta Artha Sidoarjo, BUMD milik Pemkab Sidoarjo.

BACA JUGA: Gus Muhdlor Minta Pembangunan Gedung 8 Lantai Ratusan Miliar di Sidoarjo Ditangguhkan

Dengan persyaratan yang mudah dan proses cepat, bunga yang dipatok sangat ringan, yaitu 0,25% per bulan atau 3% per tahun.

“Ini bunga terendah, mungkin se-Indonesia ini terendah. KUR nasional bunganya enam persen per tahun. Ini salah satu instrumen untuk memulihkan ekonomi, di samping peningkatan investasi dan berbagai program padat karya,” kata Gus Muhdlor, sapaan akrab bupati alumnus Universitas Airlangga itu.

Gus Muhdlor berharap, UMKM-UMKM dan seluruh warga yang ingin berwirausaha memanfaatkan Kredit Sayang.

Termasuk para kelompok tani bisa memanfaatkannya agar terhindar dari tengkulak.

“Jangan lagi terjerat rentenir yang bunganya bisa puluhan persen per tahun. Manfaatkan ini, ayo kembali geliatkan ekonomi Sidoarjo,” jelasnya.

Gus Muhdlor juga mendesain Kredit Sayang untuk melahirkan pengusaha-pengusaha muda baru, termasuk warga yang di-PHK selama pandemi bisa memanfaatkan program tersebut untuk memulai usaha.


Foto: Kominfo Pemkab Sidoarjo

“Pengangguran Sidoarjo selama pandemi ini meningkat cukup tajam. Saya sampai enggak bisa tidur mikirin, insyaallah dengan program modal murah ini membantu. Yang sebelumnya tidak bekerja malah bisa membuka lapangan kerja. Nanti juga kami dilengkapi dengan pelatihan, juga dibantu promosi dan pemasarannya,” kata Muhdlor.

Sementara itu, Direktur Utama BPR Delta Artha, Sofia Nurkrisnajanti Atmaja, Kredit Sayang merupakan dukungan untuk menaikkan kelas UMKM.

“Antusiasme masyarakat terhadap program ini sangat tinggi, hingga saat ini yang mengajukan Kredit Sayang lebih dari 300 pemohon,” ujarnya. (*/adk/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Berbagi Bubur Sehat, Gus Muhdlor Geber Program Peningkatan Gizi Warga


Redaktur & Reporter : Adek

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler