Bursa Unggulkan Duo Manchester di Europa League

Sabtu, 10 Desember 2011 – 12:28 WIB

MANCHESTER - Europa League adalah ajang kelas dua di EropaSekalipun UEFA (Asosiasi Sepak Bola Eropa) melakukan berbagai cara untuk meningkatkan kualitasnya, tetap saja gengsi dan prestisenya masih kalah dibandingkan Liga Champions

BACA JUGA: Mourinho Diminta Tutup Mulut



Namun, bagi duo Manchester, United dan City, Europa League bukan lagi ajang minor
Setelah tersisih dari Liga Champions, United dan City mau tidak mau memberi perhatian lebih kepada ajang yang dulunya bernama Piala UEFA tersebut

BACA JUGA: Zulkifli Syukur: PSSI Salah Alamat

Keduanya pun membidik target absolut alias juara
"Kami ingin memenangkannya," kata pelatih United Sir Alex Ferguson kepada Sky Sports.
 
"Europa League adalah sebuah kompetisi yang bagus dan sebuah kompetisi yang kuat jika Anda melihat kontestan yang berlaga sekarang," tambahnya.

Ferguson sekaligus meluruskan pernyataannya yang dianggap meremehkan Europa League

BACA JUGA: Marchisio Loloskan Juve ke Perempat Final

Seusai tersingkir dari Liga Champions atau setelah kalah 1-2 dari FC Basel (7/12), pelatih yang akrab disapa Fergie itu menyebut Europa League sebagai hukuman penalti.

"Yang saya maksudkan hukuman hanya dalam arti 20 tahun terakhir mengingat klub kami selalu berpikir tentang Liga ChampionsJuga karena kami selalu lolos ke final dalam empat tahun terakhir," tutur pelatih yang dua kali berlaga di Piala UEFA bersama United di dekade 1990-an itu.

Ferguson harus mengklarifikasi pernyataannya karena dia sudah membuat berang Michel PlatiniPresiden UEFA itu tidak terima apabila Europa League dikritik sebagai ajang kelas dua di Eropa"Anda tidak boleh mengritik Europa League hanya karena telah bermain di tiga final Liga Champions dalam empat tahun terakhir," ungkapnya kepada Eurosport.

"Europa League adalah kompetisi brilian dan mengagumkanSaya tahu Ferguson lebih memilih Liga Champions, tapi banyak klub yang tidak memiliki kemungkinan itu," sambungnya.

Pelatih City Roberto Mancini juga menyebut Europa League masuk dalam bidikan gelar timnya musim ini"Kami ingin mengakhiri musim ini dengan dua trofiPrioritas utama Premier League, tapi kami juga masih memiliki kans di Europa League, Piala Carling, dan Piala FA," jelas pelatih yang pernah meloloskan Lazio ke semifinal Piala UEFA 2002-2003 itu.

Di kesempatan terpisah, pelatih Stoke City Tony Pulis menyambut bergabungnya City dan United di Europa LeagueStoke adalah satu dari empat wakil Premier League yang berlaga di Europa LeagueStoke juga telah memastikan lolos ke babak 32 besar"Saya tahu Sir Alex Ferguson dan Roberto Mancini kecewa, tapi berlaga di Europa League tetap glamor," tuturnya kepada Reuters.

Duel klub Premier League memang tidak akan ditemui di 32 besarSesuai regulasi UEFA, duel klub senegara baru bisa terjadi di 16 besarSebagai catatan, drawing 32 besar dan 16 besar akan dilakukan sekaligus pada 16 Desember nanti"Dengan City dan United dalam drawing akan membuat banyak klub berdebar-debar," jelas Pulis.

Di sisi lain, tampilnya City dan United di Europa League membuat keduanya difavoritkan juara oleh berbagai rumah bursaWilliam Hill misalnyaRumah bursa terkemuka di Inggris maupun Eropa itu menempatkan City sebagai unggulan utama dengan angka taruhan 6/1.

City dibayangi United dengan 7/1Juara edisi pertama Europa League (2009-2010) Atletico Madrid menguntit duo Manchester dengan 10/1, disusul wakil Bundesliga Schalke dan juara bertahan FC Porto(dns)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Khan Cari Pembuktian sebelum Naik Kelas


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler