Butuh 4.748 Kotak Suara Untuk Pilkada Kota Semarang, Sudah Diterima Sebegini

Sabtu, 05 Oktober 2024 – 23:08 WIB
Ilustrasi - Butuh 4.748 kotak suara untuk Pemilihan Wali Kota Semarang 2024. Foto: Ricardo/JPNN.com.

jpnn.com - SEMARANG - Komisi Pemilihan Umum (KPU) membutuhkan 4.748 kotak suara untuk melaksanakan pemungutan suara Pemilihan Wali Kota Semarang 2024.

Dari jumlah tersebut KPU Kota Semarang, Jawa Tengah, telah menerima sebanyak 2.500 kotak suara.

BACA JUGA: Segera Turunkan, Pemda Jangan Pasang Baliho Memuat Foto Paslon

Menurut Ketua KPU Kota Semarang Ahmad Zaini pihaknya baru saja menerima kiriman sebanyak 2.500 kotak suara dari PT Santoso Jawi Abadi dari Sidoarjo, Jawa Timur, selaku penyedia.

Namun, kata dia, masih ada kekurangan kotak suara sejumlah 2.248 buah yang belum dikirim penyedia dari total kebutuhan kotak suara di Kota Semarang sejumlah 4.748 buah.

BACA JUGA: 40 Persen DPT Pemilih Pemula, Sosialisasi Harus Lebih Gencar

Zaini menyebut untuk kekurangan 2.248 kotak suara akan dikirim paling lama 7 Oktober 2024. Hal tersebut berdasarkan informasi dari pihak penyedia.

Bersamaan dengan kotak suara, kata Ahmad Zaini, dikirimkan pula 2.062 bilik suara untuk melengkapi kekurangan pada pengiriman tahap pertama.

BACA JUGA: Jumlah Peserta Pilkada Gorontalo Utara Kembali 3 Pasangan

Pada hari Rabu (2/10), KPU setempat telah menerima 7.370 bilik suara dari total kebutuhan bilik suara Kota Semarang sejumlah 9.432 buah.

"Sebelumnya, masih ada kekurangan sejumlah 2.062 bilik suara yang belum dikirim. Hari ini dikirim sehingga bilik suara sudah lengkap," ucapnya.

Mengenai logistik pilkada, KPU Kota Semarang sebelumnya juga telah menerima kiriman tinta dengan total 4.716 botol pada hari Rabu (25/9) dari PT Sinar Abadi Pritindo.

KPU Kota Semarang juga telah menerima kiriman kabel ties sebanyak 28.296 buah dari penyedia, yakni PT Locis Segel Indonesia.

Kotak suara, bilik suara, dan logistik lainnya itu, kata dia, akan didistribusikan ke 2.358 tempat pemungutan suara (TPS) yang tersebar di 16 kecamatan untuk pelaksanaan Pilkada Serentak 2024 di Kota Semarang.

Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Semarang 2024 saat ini sudah memasuki tahapan masa kampanye, sedangkan pencoblosan akan digelar 27 November mendatang.

Pilkada Kota Semarang 2024 diikuti dua pasangan calon wali kota dan wakil wali kota. Yakni, Agustina Wilujeng Pramestuti-Iswar Aminuddin (nomor urut 1) yang diusung PDI Perjuangan.

Kemudian, pasangan Alamsyah Satyanegara Sukawijaya alias Yoyok Sukawi-Joko Santoso (nomor urut 2), diusung sembilan parpol.

Sembilan parpol itu, yakni Partai Demokrat, Partai Gerindra, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Golkar, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Solidaritas Indonesia (PSI), dan Partai NasDem. (Antara/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... 2 Peserta Pilkada Situbondo Dapat Fasilitas Baliho, Spanduk dan Umbul-umbul


Redaktur & Reporter : Kennorton Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler