Caleg Jangan Cuma Janji, Harus Riil!

Senin, 17 November 2008 – 18:28 WIB
JAKARTA – Ini ide menarik yang dilontarkan Ketua DPR Agung LaksonoKatanya, agar para calon legislatif (caleg) bisa mendapatkan simpati calon pemilih, maka dia harus secara riil memperjuangkan aspirasi masyarakat

BACA JUGA: PDS Pastikan Uji Materi UU Pornografi

Karena yang punya dana pembangunan pihak eksekutif, maka para caleg harus membantu masyarakat membuat proposal yang akan diajukan kepada gubernur, bupati, atau pun walikota.

Agung Laksono menyatakan, dengan metode seperti itu maka caleg bisa bertatap muka langsung dengan para konstituennya
”Mungkin setiap caleg punya cara berkampanye yang dianggap efektif

BACA JUGA: Soedradjat Pergi, Hamka Datang

Tapi kalau sekiranya para caleg itu bisa langsung memberikan solusi persoalan masyarakat, pasti itu akan lebih efektif,” terang Agung Laksono di gedung DPR, Senayan, Senin (17/11).

Dia menjelaskan, proposal yang dibuat masyarakat itu bisa langsung diserahkan ke kepala daerah dengan didampingi caleg
Atau bisa juga caleg mendapingi masyarakat mengajukan proposal ke perwakilan partainya yang ada di DPRD sesuai tingkatannya

BACA JUGA: Ratusan Tentara Serbu Depdagri

Anggota dewan itu yang nantinya memperjuangkan ke pihak eksekutif agar mendapat prioritas penganggaran.

Lebih lanjut, Agung yang kembali maju sebagai caleg DPR dari daerah pemilihan DKI Jakarta itu menyarankan, akan lebih bagus lagi bila caleg bisa langsung membantu mengatasi persoalan yang dihadapi masyarakat konstituennya, tanpa harus membuat proposal yang akan diajukan ke eksekutif”Yang penting, ada komunikasi langsung secara tatap muka dengan konstituennya,” saran politisi gaek Partai Golkar itu.

Bukankah setiap pemerintah daerah sudah punya rencana anggaran yang dituangkan di APBD? Agung menjawab, caleg juga harus memberikan pemahaman mengenai hal itu kepada konstituenBahwa tidak semua kebutuhan masyarakat bisa dituntaskan secara cepatKalau tidak bisa terpenuhi tahun ini, setidaknya bisa diprioritaskan untuk dianggarkan di APBD tahun berikutnya”Yang penting jangan hanya janji, caleg harus memperjuangkan, terlebih bila nantinya terpilih sebagai anggota dewan,” sarannya(sam/jpnn)

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kejakgung Periksa Mantan Istri Yusril


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler