Calo PPPK Makin Beringas, Ini Seruan BKN kepada Guru Lulus PG 

Sabtu, 09 Juli 2022 – 13:35 WIB
Calo PPPK makin beringas. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Gerakan calo pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) makin beringas. Mereka terang-terangan meminta uang kepada guru honorer baik lulus passing grade (PG) hasil seleksi PPPK 2021 maupun belum lulus.

Ketum Forum Guru Honorer Negeri Lulus Passing Grade Seluruh Indonesia (FGHNLPSI) Heti Kustrianingsih, bahkan dijerat calo.

BACA JUGA: Ketum Guru Honorer Lulus PG Dijerat Calo PPPK, ternyata...

Beruntung Heti malah balik menjebak calo yang mengaku punya jaringan di Badan Kepegawaian Negara (BKN) sehingga uang Rp 3 juta tidak melayang.

Namun, kata Heti, kawan-kawannya yang lain sudah sempat menyetorkan uang Rp 1 juta sebagai down payment.

BACA JUGA: Jelang Seleksi PPPK 2022, Guru Honorer Masuk Jeratan Calo, Jutaan Rupiah Melayang

"Saya enggak menyangka, ternyata para calo itu memantau setiap pemberitaan. Dari informasi itu jadi alat para calo menjerat guru honorer," kata Heti kepada JPNN.com, Sabtu (9/7).

Mengenai aksi calo yang makin terang-terangan, Deputi bidang Sistem Informasi Kepegawaian (Sinka) BKN Suharmen meminta agar para guru honorer berhati-hati dengan janji-janji para calo. Dia mengingatkan para guru lulus PG akan diprioritaskan untuk mengisi formasi.

BACA JUGA: KemenPAN-RB Bongkar Modus Penipuan Calo CPNS dan PPPK

"Jangan sampai sebenarnya yang sebenarnya sudah lulus, tetapi karena mengotot, terus mengeluarkan duit, padahal penerimaan P3K sama sekali tidak ada duit-duitan," tegas Deputi Suharmen yang dihubungi JPNN.com secara terpisah.

Dia mengungkapkan guru lulus PG harus optimistis. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PermenPAN-RB) Nomor 20 Tahun 2022 tentang Pengadaan PPPK Guru di Instansi Daerah Tahun 2022 sudah memprioritaskan guru lulus PG.

Memang, kata Deputi Suharmen, pengangkatan PPPK guru ini tergantung formasi yang tersedia di daerah. Di sisi lain, banyak Pemda yang mengeluhkan masalah anggaran.

"Memang, antara koordinasi antara pusat dan daerah sangat diperlukan," ujarnya.

Sementara itu, Dirjen Guru Tenaga Kependidikan (GTK) Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Iwan Syahril berharap Pemda yang memiliki guru lulus PG untuk mengajukan usulan kebutuhan formasi PPPK semaksimal mungkin. Ini agar 193.954 guru lulus PG bisa terakomodasi dalam PPPK 2022.

"Pemerintah sudah menyiapkan kuota PPPK 2022 sebanyak 758 ribuan. Kami berharap Pemda bisa merespons dengan baik agar para guru lulus PG bisa diangkat PPPK tahun ini," pungkas Iwan Syahril. (esy/jpnn)


Redaktur : Djainab Natalia Saroh
Reporter : Mesyia Muhammad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
calo PPPK   guru honorer   BKN   guru lulus pg   PPPK   honorer   Calo  

Terpopuler