Calon Kades Diminta Menjadikan SDGs Desa Sebagai Acuan Visi Misi

Kamis, 12 November 2020 – 19:20 WIB
Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar atau Gus Menteri saat memberikan arahan secara virtual, Kamis (12/11). Foto: Humas Kemendes PDTT.

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar meminta para calon Kepala Desa (Kades) menjadikan Sustainable Development Goals (SDGs) Desa sebagai acuan penyusunan visi dan misi.

Demikian disampaikan Mendes Halim saat rapat koordinasi antara pemerintah pusat dan daerah membahas persiapan pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak yang bakal digelar pada awal 2021.

BACA JUGA: SDGs Desa Menjadi Skala Prioritas Kemendes PDTT di 2021

"Ini pas banget dengan momentum yang digelar hari ini terkait dengan Pilkades, kami berharap ke depan seluruh konten, arah kebijakan pembangunan, visi misi Kepala Desa itu bertumpu atau merujuk pada SDGs Desa," kata Abdul Halim saat memberikan arahan secara daring, Kamis (12/11).

Menurut Gus Menteri -panggilan Mendes Halim, saat ini Kades tidak perlu bingung merumuskan arah pembangunan desa karena semuanya sudah tertuang dalam SDGs Desa.

BACA JUGA: Kemendes PDTT Mulai Program SDGs Desa untuk Wujudkan Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak

Para Kades hanya perlu menentukan poin mana saja di dalam SDGs Desa yang akan dijadikan prioritas ketika menjalankan roda pemerintahan di desanya.

Diketahui bahwa SDGs merupakan amanat Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 59 tahun 2017.

BACA JUGA: Kritik Anak Buah Prabowo soal Kegagalan Pemerintah Cegah Resesi dan Utang Superjumbo

Oleh Kemendes, SDGs dijadikan sebagai dasar dalam pembangunan di pedesaan yang diarahkan ke SDGs Desa.

SDGs Desa itu sendiri merupakan pembangunan total atas desa yang mengarah pada 18 tujuan pembangunan berkelanjutan di desa.

Hal ini diyakini akan berkontribusi besar bagi pencapaian SDGs nasional yakni sebesar 74 persen.

SDGs Desa berturut-turut mencakup tujuan Desa Tanpa Kemiskinan, Desa Tanpa Kelaparan, Desa Sehat dan Sejahtera, Pendidikan Desa Berkualitas, Keterlibatan Perempuan Desa, Desa Layak Air Bersih dan Sanitasi.

Tujuan berikutnya adalah Desa Berenergi Bersih dan Terbarukan, Pertumbuhan Ekonomi Desa Merata, Infrastruktur dan Inovasi Desa sesuai Kebutuhan, Desa Tanpa Kesenjangan, Kawasan Permukiman Desa Aman dan Nyaman, Konsumsi dan Produksi Desa Sadar Lingkungan.

Kemudian, Desa Tanggap Perubahan Iklim, Desa Peduli Lingkungan Laut, Desa Peduli Lingkungan Darat. Lalu tujuan Desa Damai Berkeadilan, Kemitraan untuk Pembangunan Desa, Kelembagaan Desa Dinamis dan Budaya Desa Adaptif.(*/jpnn)

Video Terpopuler Hari ini:


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler