Cantona Direktur Klub Baru AS, Gullit Melatih di Rusia

Kamis, 20 Januari 2011 – 21:20 WIB
Sejak melatih tim sepak bola pantai Prancis enam tahun lalu, Eric Cantona tidak lagi dikaitkan dengan lapangan hijauSedangkan Ruud Gullit menganggur sejak mundur sebagai pelatih Los Angeles (LA) Galaxy

BACA JUGA: Napoli Tantang Inter di Coppa Italia

Tapi kemarin (19/1), keduanya menerima job baru di dunia yang membesarkan namanya tersebut.


NEW YORK Cosmos bukan klub anggota Major League Soccer (MLS) atau Liga Sepak Bola AS
Namanya juga tidak tercatat dalam 18 klub kontestan MLS edisi 2011

BACA JUGA: Setting Suspensi Ducati untuk Rossi

Tapi, Cosmos sudah melobi Commissioner MLS Don Garber untuk menjadi kontestan ke-20 pada edisi 2012 atau 2013
Sementara, tim ke-19 yang bakal berpartisipasi pada 2012 adalah Montreal Impact.

Cosmos sebenarnya bukan klub asing, kendati di-relaunching Agustus tahun lalu

BACA JUGA: Nova-Vita Kalah di Debut Comeback

Sebelum AS memiliki MLS, Negeri Paman Sam memiliki liga sepak bola Amerika Utara pada 1968 sampai 1984Nah, di ajang itulah Cosmos merajai dengan merebut lima gelar.

Sebagai calon penghuni baru MLS, langkah yang dilakukan Cosmos adalah memperkenalkan diriPublikasi yang dipilih adalah merekrut beberapa nama tenar dalam klubSetelah menunjuk legenda Brazil Pele sebagai presiden kehormatan, Cosmos mencomot satu lagi legenda asal Prancis, Eric Cantona.

Cantona diberi jabatan direktur sepak bola CosmosDia akan ditemani mantan bintang timnas AS Cobi Jones sebagai direktur teknikKomposisi Cosmos makin lengkap karena di jajaran manajemen juga bercokol mantan chairman Liverpool Rick Parry.

"Saya bangga bisa bergabung dengan New York Cosmos karena mereka memiliki proyek besar untuk menjadi klub nomor satu di AS lalu menjadi klub terbaik duniaSaya akan melakukan segala cara untuk membantunya," kata Cantona kepada Associated Press.

Kabarnya, bergabungnya Cantona ke Cosmos bisa mempengaruhi masa depan superstar MLS David BeckhamNiat Beckham pulang ke Inggris bisa berganti haluan, dengan membela Cosmos ketika kontraknya di Los Angeles Galaxy habis Juli 2012.

Sementara, jika Cantona memilih ke AS, maka Ruud Gullit ke RusiaYa, legenda Belanda itu mengakhiri periode jobless-nya dengan menerima tawaran klub Liga Primera Rusia Terek GroznyPada 2010, Terek finis di peringkat ke-12 dari 16 kontestan kompetisi level tertinggi di Rusia itu.

Dengan reputasi pernah melatih Chelsea, Newcastle United, dan Feyenoord Rotterdam, serta LA Galaxy, keputusan Gullit melatih Terek cukup mengejutkanTak heran apabila materi disebut sebagai alasan Gullit berlabuh di TerekApalagi klub-klub Rusia dikenal memiliki sokongan finansial cukup melimpah sekalipun klub kecil seperti Terek.

Tapi, Wakil Presiden Terek Haidar Alkhanov mengatakan, apabila kontrak 18 tahun yang diteken Gullit lebih didasarkan karena dedikasi tinggi pelatih 48 tahun itu pada dunia sepak bola"Kami meraih kesepakatan tanpa permasalahanDia (Gullit) menerima tawaran kami dengan antusias," terang Alkhanov tanpa menyebutkan nilai kontrak Gullit kepada Reuters.

Alkhanov menambahkan apabila Gullit mendapat target meloloskan Terek ke kejuaraan antarklub Eropa, saat Liga Primer Rusia menggunakan format musim atau pada 2011-2012"Gullit adalah bintang sepak bola dunia yang sesungguhnyaDia punya pengalaman sebagai pelatih dan pemainKami yakin dia akan banyak berguna bagi klub kami," jelasnya(dns)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Fabiano di Antara Juve dan Spurs


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler