Cawagub Aceh Tu Sop Meninggal Dunia, Dikebumikan di Bireuen

Sabtu, 07 September 2024 – 17:27 WIB
Arsip - Pasangan bakal calon gubernur/wakil gubernur Aceh Bustami Hamzah (tengah) dan Tgk Muhammad Yusuf A Wahab atu Tu Sop (kanan) saat menyerahkan berkas pendaftaran pencalonan kepada Ketua Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Saiful Bismi (kiri) di Banda Aceh, Aceh, Kamis (29/8/2024). (ANTAR/Khalis Surry)

jpnn.com - Ulama Aceh sekaligus Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Aceh Tgk Muhammad Yusuf A Wahab atau akrab disapa Tu Sop meninggal dunia pada Sabtu pagi (7/9/2024).

Salah seorang kerabat dekat Tu Sop, Zulfikar Muhammad mengatakan Tu Sop wafat di Rumah Sakit Brawijaya, Tebet, Jakarta.

BACA JUGA: Pak Mahfud Blak-Blakan Pernah Naik Private Jet, Nama Kaesang Disentil Netizen

"Benar, Ayah Sop wafat di Jakarta pukul 09.00 WIB lebih kurang," kata Zulfikar.

Namun, belum ada informasi lebih lanjut terkait penyakit yang diderita Pemimpin Dayah Babussalam Al Aziziyah Jeunib, Kabupaten Bireuen, itu.

BACA JUGA: Begini Nasib 3 Remaja Pemerkosa Siswi SMP yang Tewas di Kuburan Cina

Memang beberapa waktu lalu, Tu Sop dilaporkan sempat menjalani perawatan di RSUD Zainoel Abidin Banda Aceh.

Menurut Zulfikar, jenazah Tu Sop rencananya akan dikebumikan di Bireuen, Aceh.

BACA JUGA: Faisal Basri, Analisis Ekonominya Setajam Keris Raja-Raja Jawa

Pihak keluarga sedang mengurus proses pemulangan jenazah. "(Tu Sop) akan dikebumikan di Jeunib, Bireuen," kata Zulfikar.

Sebelumnya, bakal calon gubernur dan wakil gubernur Aceh Bustami Hamzah-Tgk Muhammad Yusuf A Wahab resmi mendaftar ke Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh sebagai kontestan Pemilihan Gubernur atau Pilgub Aceh pada Pilkada 2024 pada Kamis (29/8).

Keduanya juga telah mengikuti tes kesehatan dan uji kemampuan baca Al Quran, sebagai salah satu tahapan untuk mengikuti Pilkada 2024.

Pasangan Bustami Hamzah dan Tu Sop mendapat dukungan dari partai nasional Golkar, NasDem, PAN, Gelora, PKN, serta PDA dan PAS untuk maju sebagai gubernur/wakil gubernur Aceh periode mendatang.

Dikutip dari buku Paradigma Islam Wasathiyah Tu Sop Jeunieb karya Dr Teuku Zulkhairi, MA bahwa Tu Sop berdomisili di Jeunieb, tempat membimbing santrinya di Dayah Babussalam Al-Aziziyah Kecamatan Jeunieb, Kabupaten Bireuen.

Almarhum juga pernah menjabat sebagai Ketua Himpunan Ulama Dayah Aceh (HUDA) periode 2018-2023, sebuah organisasi yang menaungi ulama-ulama pimpinan dayah Salafiyah di Aceh.

Tu Sop lahir di Desa Blang Me Barat, Kecamatan Jeunieb, Bireuen pada tahun 1964 dari pasangan Tgk H Abdul Wahab bin Hasballah dan Hj Zainab binti Muhammad Shaleh.

Di buku itu disebut, Tgk H Abdul Wahab bin Hasballah juga merupakan salah satu ulama Aceh yang dikenal sebagai tokoh dayah yang banyak memberikan kontribusi bagi dunia pendidikan Bireuen.(ant/jpnn)

Yuk, Simak Juga Video ini!


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler