Cegah Berat Badan Naik, Ini 8 Cara Menahan Nafsu Makan Berlebih Saat Lebaran

Senin, 02 Mei 2022 – 06:29 WIB
Kalap makan saat lebaran (Ilustrasi). Foto: Humas Aston Imperial Bekasi

jpnn.com - Banyak orang yang tak sadar sudah makan berlebihan saat Lebaran, yang menyebabkan berat badan naik.

Jangan khawatir, ada beberapa cara menahan nafsu makan saat perayaan Idulfitri yang bisa membantu mencegah berat badan naik drastis.

BACA JUGA: Yang Perlu Diperhatikan Dalam Oral Seks, Tidak Boleh Mengabaikan Hukum!

Nah, agar berat badan lebih terkontrol, berikut cara menghindari makan berlebihan saat Lebaran:

1. Mengetahui Makanan yang Dapat Memicu Makan Berlebih

Ada beberapa makanan tertentu yang digemari kebanyakan orang, misalnya es krim, gulai, atau kukis Lebaran. 

BACA JUGA: Hukum Menikahi Wanita yang Pernah Berhubungan Badan di Luar Nikah

Apabila menyantap makanan-makanan tersebut akan dapat memicu Anda untuk mengonsumsinya berlebihan, maka pertimbangkan untuk tidak membeli stok yang banyak untuk hari raya. 

2. Hindari Melarang Diri Berlebihan

Ketika benar-benar menghilangkan opsi segala makanan favorit, Anda justru akan merasa kekurangan dan ingin “balas dendam” ketika bisa menyantapnya kembali.

BACA JUGA: Mengeluarkan Sesuatu yang Suci Sperma Wajib Mandi, Mengapa yang Najis Kencing Cukup Dibasuh Saja?

Untuk itu, konsumsilah makanan yang sehat dahulu. Kemudian, perbolehkan diri untuk tetap menyantap makanan lezat favorit namun dalam jumlah yang tidak terlalu banyak. 

3. Pilih Makanan Tinggi Serat

Jangan lupakan kacang-kacangan, sayur, dan buah dalam pola makan saat Lebaran. Dengan demikian, Anda akan merasa kenyang lebih lama dan dapat mengurangi keinginan makan berlebihan. 

Misalnya, tambahkan lebih banyak porsi sayur di dalam piring untuk mengurangi jumlah makanan lain (khususnya yang berlemak) yang akan dikonsumsi.

4. Makan dalam Porsi Sewajarnya

Anda boleh mengonsumsi apa saja yang diinginkan. Namun, makanlah dalam porsi kecil tetapi beberapa kali saja. 

Cara tersebut lebih baik agar lambung tidak mudah perih karena kaget akan volume makanan yang langsung masuk banyak.

5. Perbanyak Konsumsi Protein

Di hari raya, pilihlah lauk dengan kandungan tinggi protein, misalnya dada ayam di dalam opor, atau daging rendang minim lemak. 

Kemudian, konsumsi lauk tersebut dengan karbohidrat yang minim. Jadi, Anda akan kenyang dengan protein yang dikonsumsi dan dapat mengurangi nafsu makan yang akan memicu makan berlebihan.

6. Perlambat Kecepatan Makan

Bersama keluarga, Anda akan cenderung bercengkerama sembari menyantap hidangan. Tanpa sadar, hal ini dapat membuat Anda lupa makanan apa dan berapa banyak yang sudah dikonsumsi. 

Cara menahan nafsu makan dalam hal ini ialah makan lebih tenang, nikmati rasanya, dan tidak mengunyah terlalu cepat. Dengan begitu, diharapkan Anda akan lebih cepat merasa puas dan tidak ingin makan berlebihan saat Lebaran.

7. Rencanakan Apa yang Akan Anda Makan

Ketika tidak merencanakan apa saja yang akan dikonsumsi, besar kemungkinan Anda akan ingin mencicipi segala hidangan dan makan berlebihan. 

Cara menghindari makan berlebihan yang bisa diterapkan adalah mengambil berbagai variasi makanan namun dalam porsi kecil untuk setiap jenisnya. 

Ingat, tetap batasi jumlah keseluruhan makanan yang Anda konsumsi, ya. Jadi, lambung tidak kaget setelah terbiasa berpuasa sebulan penuh.

8. Ganti Minuman Bergula Tinggi dengan Air Putih

Di siang terik saat Idul Fitri, biasanya Anda akan tergoda untuk mengambil minuman dingin atau es buah dalam porsi berlebih. 

Nah, batasi asupan minuman manis dalam satu hari saat Lebaran. Contohnya, 1-2 gelas saja, sisanya minumlah air putih untuk mengganti cairan yang banyak hilang di bulan puasa. 

Memang terasa berat untuk mengontrol berat badan di hari raya. Tapi, coba terapkan cara-cara menghindari makan berlebihan di atas agar tetap sehat bersama keluarga. 

Jangan lupa untuk memulai olahraga kembali bila sempat off selama bulan Ramadan.(klikdokter)

Kamu Sudah Menonton Video Terbaru Berikut ini?

BACA ARTIKEL LAINNYA... 3 Jenis Makanan ini Bisa Menurunkan Gairah Seks di Ranjang


Redaktur & Reporter : Yessy Artada

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler