Cegah Demensia dan Alzheimer dengan 7 Makanan Sehat Ini

Kamis, 10 Februari 2022 – 06:54 WIB
Ilustrasi ikan tuna. Foto: Pixabay

jpnn.com, JAKARTA - SALAH satu masalah yang sering dihadapi banyak orang yang berusia lanjut adalah penurunan kognitif.

Penurunan kognitif ini bisa mengakibatkan timbulnya penyakit demensia dan Alzheimer.

BACA JUGA: 3 Makanan Ini Bagus untuk Pemilik Kulit Kering Lho

Kondisi kesehatan seperti tekanan darah tinggi, penyakit jantung, diabetes, dan obesitas juga bisa menyebabkan penurunan kognitif, dan sering dipengaruhi oleh makanan yang Anda makan.

Mempraktikkan nutrisi yang baik dan makan banyak makanan sehat terbukti membantu mengurangi risiko demensia dan penyakit Alzheimer seiring bertambahnya usia.

BACA JUGA: Yuk Kenali Tanda-tanda Demensia Sedini Mungkin, Penting!

Berikut penjelasannya, seperti dikutip laman Healthcareassociates.

1. Sayuran Hijau

BACA JUGA: Mencegah Alzheimer, Ini 4 Manfaat Minum Kopi Tanpa Gula

Kale, sawi, bayam, dan lobak Swiss hanyalah beberapa sayuran hijau yang kaya akan vitamin B esensial seperti folat dan B9 yang bisa membantu mengurangi depresi, sekaligus meningkatkan kognisi.

2. Berry

Raspberry, blueberry, blackberry, dan ceri semuanya mengandung flavonoid yang disebut anthocyanin yang menghentikan perkembangan kerusakan otak yang dipicu oleh radikal bebas.

Ini dan buah beri lainnya juga dikemas dengan antioksidan dan banyak vitamin yang membantu mengurangi peradangan dan membantu Anda menjaga kesehatan otak yang baik.

3. Kacang

Pecan, almond, walnut, kacang mete, dan kacang tanah kaya akan dengan lemak sehat, magnesium, vitamin E, dan vitamin B yang semuanya merupakan makanan yang terbukti meningkatkan kognisi yang baik dan menangkal tanda-tanda demensia.

Wanita di atas usia 70 yang mengonsumsi setidaknya 5 porsi kacang per minggu terbukti memiliki kesehatan otak yang jauh lebih baik daripada wanita dalam kelompok usia yang sama yang tidak makan kacang.

Studi lain menunjukkan fitokimia antiinflamasi dalam kenari Inggris bisa mengurangi peradangan sel-sel otak untuk menjaga kesehatan otak yang optimal selama proses penuaan.

4. Omega-3

Minyak zaitun, biji rami, dan ikan berlemak seperti tuna, salmon, dan mackerel adalah contoh makanan tinggi asam lemak omega-3 dengan DHA yang membantu otak Anda tetap sehat.

Banyak penelitian membuktikan omega-3 efektif dalam memerangi dan mencegah demensia dan merekomendasikan untuk mengonsumsi 200 mg DHA setiap hari untuk mencapai kesehatan otak yang baik.

Berusahalah secara sadar untuk mengonsumsi omega-3 dalam jumlah yang lebih tinggi atau mintalah dokter Anda untuk merekomendasikan suplemen DHA yang aman dan efektif.

5. Sayuran Silang

Brokoli, kembang kol, kubis brussel, dan sayuran silangan lainnya kaya akan vitamin B dan karotenoid yang memiliki kemampuan untuk mengurangi kadar homosistein, asam amino yang terkait dengan penurunan kognitif, atrofi otak, dan demensia.

Cobalah menumis sayuran silangan dalam bawang putih dan minyak zaitun atau masukkan makanan super ini ke dalam smoothie, sup, dan bumbu.

6. Rempah-rempah

Rempah-rempah seperti sage, jinten, dan kayu manis terasa enak saat digunakan untuk membumbui makanan dan juga mengandung banyak senyawa polifenol yang menawarkan banyak manfaat untuk memori dan kesehatan otak.

Rempah-rempah seperti ini memiliki kemampuan untuk menggerogoti plak otak dan mengurangi peradangan untuk mencegah gangguan kognitif dan Alzheimer.

7. Biji

Biji bunga matahari, biji rami, dan biji labu semuanya mengandung antioksidan dan nutrisi seperti vitamin E, seng, omega-3, dan kolin yang mengurangi penurunan kognitif.

Camilan biji-bijian ini sendiri, taburi salad, atau masukkan ke dalam makanan penutup seperti puding dan muffin untuk mendapatkan manfaat dari peningkatan kesehatan otak.(fny/jpnn)

Yuk, Simak Juga Video ini!


Redaktur & Reporter : Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler