Cegah Serangan Diabetes dengan 4 Cara Alami Ini

Rabu, 16 November 2022 – 02:26 WIB
Ilustrasi olahraga. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - BERBAGAI penyakit bisa menyerang Anda dengan mudah jika kamu tidak aktif, mengonsumsi makanan tidak sehat, kurang istirahat, dan lainnya.

Kehidupan kota dan beberapa pekerjaan menyebabkan orang menjadi tidak aktif dan makan sehat tidak datang secara alami untuk semua orang.

BACA JUGA: 9 Makanan dan Minuman yang Menjadi Pantangan Penderita Diabetes, Bikin Gula Darah Melonjak Drastis

Perlu juga dicatat bahwa diabetes tipe 2 adalah bentuk penyakit yang paling umum dan berasal dari cara hidup seseorang.

Oleh karena itu, perubahan gaya hidup bisa membantu mencegah timbulnya bentuk diabetes yang paling umum.

BACA JUGA: Jaga Kesehatan Ginjal dengan 7 Cara Alami Ini

Jika saat ini Anda berurusan dengan kelebihan berat badan, obesitas, kolesterol tinggi, atau riwayat keluarga diabetes, pencegahan sangat penting bagi kamu karena Anda berada pada peningkatan risiko diabetes tipe 2.

Juga, para ahli mengatakan bahwa jika Anda telah didiagnosis dengan pradiabetes (gula darah tinggi yang tidak mencapai ambang batas diagnosis diabetes), perubahan gaya hidup bisa mencegah atau menunda timbulnya penyakit.

BACA JUGA: Gula Darah Aman Terkendali Berkat 5 Herbal Alami Ini, Penderita Diabetes Lega

Membuat beberapa perubahan dalam gaya hidup Anda sekarang bisa membantu Anda menghindari komplikasi kesehatan yang serius dari diabetes di masa depan, seperti kerusakan saraf, ginjal dan jantung.

Berikut penjelasannya, seperti dikutip laman Pulse.ng.

1. Menurunkan berat badan ekstra

Dalam sebuah penelitian di mana beberapa orang kehilangan sekitar 7 persen dari berat badan mereka karena olahraga dan diet, mereka mengurangi risiko terkena diabetes hingga hampir 60 persen.

Para ahli merekomendasikan bahwa orang dengan pradiabetes kehilangan setidaknya 7 persen hingga 10 persen dari berat badan mereka untuk mencegah perkembangan penyakit.

2. Lebih aktif secara fisik

Ada banyak manfaat dari aktivitas fisik secara teratur. Olahraga merupakan cara alami yang bisa membantu Anda menurunkan berat badan, menurunkan gula darah, dan meningkatkan sensitivitas kamu terhadap insulin, yang membantu menjaga gula darah kamu dalam kisaran normal.

Tujuan bagi kebanyakan orang dewasa untuk mempromosikan penurunan berat badan dan mempertahankan berat badan yang sehat termasuk, latihan aerobik, seperti jalan cepat, berenang, bersepeda atau berlari hampir setiap hari dengan total setidaknya 150 menit seminggu, dan lainnya.

3. Makan makanan nabati yang sehat

Tumbuhan menyediakan vitamin, mineral, dan karbohidrat dalam makanan Anda.

Karbohidrat termasuk gula dan pati sumber energi untuk tubuh dan serat Anda.

Serat makanan adalah bagian dari makanan nabati yang tidak bisa dicerna atau diserap oleh tubuh Anda.

Makanan kaya serat meningkatkan penurunan berat badan dan merupakan salah satu cara alami untuk menurunkan risiko diabetes.

Makan berbagai makanan sehat dan kaya serat, yang meliputi
buah-buahan, seperti tomat, paprika dan buah-buahan dari pohon.

Kemudian konsumsi sayuran non-tepung, seperti sayuran hijau, brokoli dan kembang kol, kacang-kacangan, seperti buncis dan lentil, biji-bijian utuh, seperti pasta dan roti gandum utuh, nasi gandum utuh, dan lainnya.

4. Makan lemak sehat

Makanan berlemak tinggi kalori dan harus dimakan dalam jumlah sedang.

Para ahli menjelaskan bahwa untuk membantu menurunkan dan mengatur berat badan, diet Anda harus mencakup berbagai makanan dengan lemak tak jenuh, kadang-kadang disebut "lemak baik."

Lemak tak jenuh meningkatkan kadar kolesterol darah yang sehat dan kesehatan jantung dan pembuluh darah yang baik.

Sumber lemak baik termasuk zaitun, bunga matahari, safflower, biji kapas dan minyak canola, kacang-kacangan dan biji-bijian, seperti almond, kacang tanah, biji rami dan biji labu.

Ikan berlemak, seperti salmon, mackerel, sarden, tuna, dan cod.(fny/jpnn)


Redaktur & Reporter : Fany Elisa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler