Cepat Umumkan Kelulusan CPNS, Cepat Pemberkasan

Selasa, 07 Januari 2014 – 10:10 WIB

jpnn.com - JAKARTA  –Tiga daerah yaitu Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti, Rokan Hilir (Rohil) dan Pemerintah Kota Pekanbaru tak kunjung mengumumkan nama-nama yang lulus tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2013.

Padahal pusat melalui Kemterian Pendayagunaan Apartur dan Reformasi Birokrasi dan panitia Seleksi Nasional (Panselnas) sudah mememinta dan mengintruksikan pemerintah Provinsi Riau agar daerah yang telah menerima hasil seleksi tes CPNS menetapkan dan mengumukan kelulusan kepada publik.

BACA JUGA: Jaga Warnet Sendirian, Gadis Belia Diperkosa

Sikap bagi tiga daerah tersebut sangat disanyangkan KemenPAN-RB, kenapa hingga kini belum juga mentepakan kelulusan tes kompetensi dasar (TKD) yang tengah di tunggu peserta CPNS.

Padahal sesuai peraturan yang berlaku, penetapan kelulusan hasil tes CPNC adalah wewenang pejabat pembina kepegawaian (PPK). Panselnas atau KemenPAN-RB hanya mengumumkan hasil selesi tes CPNS.

BACA JUGA: Ada Ladang Ganja di Kawasan Bromo

’’Terkait dengan kabupaten Rohil, Kepulaun Meranti, dan Kota Pekanbaru, sekali lagi kita imbau agar segera menetapkan dan mengumukan hasil seleksi tes CPNS ke maysrakat. Lebih cepat lebih baik, sehingga mempercepat proses pemberkasan di pusat,’’ pinta Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik (KIP) KemenPAN-RB, Herman Suryatman dikonfirmasi Riau Pos (Grup JPNN), Senin (6/1).

KemenPAN-RB kata Herman heran mengapa tiga daerah itu tidak menidaklanjuti hasil tes seleksi CPNS yang sudah diserahkan sejak 24 Desember lalu.

BACA JUGA: Polres Raja Ampat Gagalkan Penyelundupan 200 Ton BBM

’’Kita tidak tahu apa penyebabnya, kendalanya dimana, karena memang belum dilaporkan. Kalau ada kendala dan memerlukan konfirmasi, kordinasi silahkan sampaikan ke KemenPAN-RB maupun Panselnas,’’ saran Mantan Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olah Raga (Disbudparpora) Kabupaten Sumedang itu.

Dia mengatakan pihaknya juga akan meminta konfirmasi kepada bupati/walikota maupuan gubernur, sehingga diharapkan dapat segera menetapkan dan mengumukan nama-nama yang dinyatakan lulus berdasarkan hasil seleksi Panselnas.

’’Mungkin lebih jelasnya, kami juga akan konfirmasi kepada daerah tersebut,’’ ucap Herman yang menyebutkan, jika pihaknya tidak akan tergesa-gesa mengambil tindakan apalagi saksi kepada ketiga daerah itu jika tidak juga menetapakan hasil tes CPNS.

 ’’Yang jelas nanti berpengaruhi pada jadwal pemberkasan NIP yang ditetapkan,’’ imbuh pria yang baru dilantik di jabatan barunya itu. (yud)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Gaji PNS Sulsel Telat


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler