Cerita saat BPK Paparkan Kasus Sumber Waras ke Presiden

Sabtu, 16 April 2016 – 14:49 WIB
Ketua BPK Harry Azhar Azis saat menjadi pembicara pada diskusi Pro Kontra Audit Sumber Waras di Jakarta, Sabtu (16/4). Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA – Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) menghadap Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Kamis (14/4), di tengah polemik temuan kerugian negara dalam audit investigatif pembelian sebagian lahan Rumah Sakit Sumber Waras.

Namun, Ketua BPK Harry Azhar Aziz mengatakan, pertemuan itu tidak hanya untuk melaporkan soal Sumber Waras. Dia menjelaskan BPK juga melaporkan kinerja pelaksanaan keuangan negara semester II, Juli-Desember 2015.

BACA JUGA: KPK Harus Naikkan Kasus Sumber Waras ke Penyidikan

Dia menegaskan, karena Presiden Jokowi adalah pemimpin negara maka berhak juga tahu apa yang terjadi di wilayah kekuasaannya. Karenanya, BPK kemudian melaporkan persoalan hasil audit Sumber Waras.

"Kami mengambil kesempatan untuk menyampaikan itu. Karena ini isu publik, presiden berhak tahu segala yang terjadi di negaranya," kata Harry saat diskusi "Pro Kontra Audit Sumber Waras" di Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (16/4).

BACA JUGA: Misteri Transfer Rp 755 Miliar di Malam Tahun Baru

Harry menjelaskan, dalam kesempatan itu anggota III BPK yang juga koordinator audit investigatif Sumber Waras bernama Edi memberikan paparan di hadapan presiden. Termasuklah temuan kerugian negara Rp 119 miliar. "Presiden mendengarkan dengan baik," kata Harry.

Menurut dia, presiden mengatakan semua yang dilaporkan BPK akan ditindaklanjuti. Termasuk laporan kinerja keuangan semester II maupun soal Sumber Waras.

"Akan ditindaklanjuti sesuai kelembagaan masing-masing," paparnya. (boy/jpnn)

BACA JUGA: Kasus Sumber Waras Sudah Jelas

BACA ARTIKEL LAINNYA... Abu Bakar Baasyir dan Freddy Budiman Dikeluarkan dari Lapas


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler