Cermati Elektabilitas Prabowo, Ganjar, dan Anies Versi Indostrategi

Senin, 07 November 2022 – 19:18 WIB
Menhan Prabowo Subianto saat Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR - DPD Tahun 2022 di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (16/8) Foto : Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Hasil survei Indostrategi menempatkan elektabilitas Prabowo Subianto di posisi teratas untuk calon presiden atau Capres 2024.

Ketua Umum Partai Gerindra itu mengantongi dukungan 31,8 persen responden.

BACA JUGA: Jokowi Prediksi Saatnya Jatah Prabowo, Maksudnya Memimpin Negeri ini?

Angka itu mengacu survei periode 27 Oktober - 5 November 2022 yang dirilis Direktur Eksekutif Indostrategi Research and Consulting Arif Nurul Imam.

"Temuan survei per Oktober 2022 menunjukkan Prabowo masih memuncaki elektabilitas capres," Arif Nurul Imam dalam rilis survei yang diterima di Jakarta, Senin (7/11).

BACA JUGA: Ganjar Tegaskan Tidak Ada PHK Massal Industri Tekstil di Jateng

Sementara tingkat elektabilitas tertinggi kedua dalam simulasi terbuka atau top of mind ditempati oleh Ganjar Pranowo (20,5 persen), disusul Anies Baswedan peringkat tiga (13,2 persen).

Berikutnya, elektabilitas Ridwan Kamil (6,6 persen), Erick Thohir (4,6 persen), dan Khofifah Indar Parawansa (3,8 persen).

BACA JUGA: Konon, PKS dan Demokrat Punya Iman Kuat untuk Berkoalisi dengan NasDem Mengusung Anies

Lalu, elektabilitas Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) (3,1 persen), Puan Maharani dan Sandiaga Uno (2,7 persen), Airlangga Hartarto 2,4 persen, Muhaimin Iskandar 2,2 persen dan Andika Perkasa 1,8 persen.

"Sementara, ada 4,4 persen responden yang belum menentukan pilihan," ucap Arif.

Elektabilitas Prabowo sekaligus menepis anggapan menteri pertahanan itu bakal ditinggal pemilih.

"Dugaan akan terjadi penurunan elektabilitas Prabowo sebagai dampak bergabungnya ia ke dalam pemerintahan Jokowi tidak terjadi," ujarnya.

Jika melihat fenomena yang ada dan berdasarkan data survei yang dirilis, mayoritas pendukung Jokowi di Pilpres 2019 lalu ternyata mengapresiasi sosok Prabowo.

"Selain didukung oleh sebagian besar pemilihnya di 2019, sikap Prabowo tersebut juga diapresiasi oleh kebanyakan pemilih Jokowi," tutur Arif.

Survei Indostrategi melibatkan 1.230 responden di 34 provinsi menggunakan metode penarikan acak bertingkat (multistage random sampling).

Survei tersebut memiliki margin of error sekitar 2,83 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen. (antara/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Inilah Kaveling 100 Hektare untuk Istana Presiden di IKN Nusantara


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler