Cetak Wirausaha Muda Pertanian, SMK-PP Kementan Gelar Seleksi Calon Tenan Inkubator Bisnis

Sabtu, 05 Agustus 2023 – 11:36 WIB
SMK-PP N Banjarbaru mengadakan kegiatan rekrutmen dan seleksi calon tenan inkubator bisnis, Kamis (3/8). Foto: Kementan

jpnn.com, BANJARBARU - Kementerian Pertanian terus mendukung transformasi berkelanjutan dan regenerasi petani di daerah perdesaan.

Melalui Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) upaya tersebut diwujudkan melalui program Youth Entrepreneurship and Employment Services (YESS) yang merupakan program kerja sama antara Kementan dengan International Fund For Agricultural Development (IFAD).

BACA JUGA: Gelar Public Hearing, SMK-PP Kementan Sosialisasi Inkubator Bisnis ke Stakeholder

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menaruh harapan besar pada generasi milenial dalam pembangunan pertanian.

Menurutnya, milenial harus berani menjadi petani atau mendirikan starup pertanian.

BACA JUGA: SMK-PPN Banjar Baru Perkuat SDM Pertanian di Kalsel

"Usaha pertanian itu paling pasti untuk dilakukan. Selain untuk ekonomi, bisa juga membuka lapangan kerja. Coba bandingkan dengan usaha tambang yang membutuhkan waktu 10 tahun - 20 tahun baru bisa mendatangkan hasil. Kuncinya adalah ada kemauan dan pintar dalam membaca peluang," sebut Menteri Syahrul.

Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementan Dedi Nursyamsi mengatakan sudah saatnya pertanian dikelola generasi milenial.

BACA JUGA: Misteri Motif Pembunuhan Mahasiswa UI, Polisi Temukan Ini di Tubuh Korban, Ngeri

“Menggunakan kreativitas dan inovasinya. Sehingga, pertanian ke depan menjadi modern. Tak hanya untuk memenuhi kebutuhan dalam negerinya, tetapi juga berorientasi ekspor,” jelas Dedi.

Guna terus mencetak generasi muda bidang pertanian terutama di Kalimantan Selatan, Kali ini BPPSDMP Kementan memaksimalkan peran UPT-nya, yaitu SMK-PP Negeri Banjarbaru, sebagai Provincial Project Implementation Unit (PPIU) Provinsi Kalimantan Selatan dalam Program YESS.

Sebelumnya, SMK-PP N Banjarbaru melaksanakan kegiatan Public Hearing dan Sosialisasi Inkubator Bisnis, bertempat Aula SMK PP Negeri Banjarbaru, pada Senin (31/7), yang dilanjutkan dengan kegiatan rekruitmen dan seleksi calon tenan inkubator bisnis yang berakhir pada Kamis (3/8) di SMK-PP N Banjarbaru.

Peserta seleksi merupakan petani milenial dari wilayah Program YESS yang berasal dari Kabupaten Banjar, dan Tanah Laut.

Pada proses ini terdapat 10 calon tenan yang mengikuti proses rekrutmen dan seleksi.

Peserta yang lulus seleksi pada awal ini kesemuanya alumni SMK-PP N Banjarbaru. Pada proses rekruitmen dan seleksi ini, calon tenan mengikuti proses bimbingan dan pelatihan sebelum kemudian melakukan proses presentasi. Adapun pemateri berasal dari pemateri yang ahli dalam bidangnya seperti Akademisi, Pengusaha, dan Mentor.

Materi yang didapatkan oleh calon tenan ini berupa Inkubasi startup melalui inkubator bisnis, penyusunan business plan dan aksi, pengembangan produk, legal dan izin usaha, pemasaran, branding, kemasan, membangun tim, pemilihan dan penerapan teknologi produksi, membangun jejaring usaha, dan fasilitasi inkubator bisnis.

“Kami berharap ini bisa di akses dan menjadi menjadi wadah kolaborasi bagi semua pihak yang ujungnya menghasilkan wirausaha muda di bidang pertanian yang unggul, maju, mandiri, dan modern,” terang Project Manager (PM) PPIU Kalsel Angga Tri Aditia Permana.

Setelah mengikuti kegiatan diatas peserta pada kamisnya kemudian melakukan presentasi dan wawancara di hadapan Juri. Selanjutnya akan dilakukan kunjungan ke tempat usaha, yang nantinya akan diseleksi dan kemudian diambil 3 tenan yang terbaik.

Adapun sepuluh tenan yang lolos administrasi untuk mengikuti seleksi yaitu Aris Wahyudi (Penggemukan Sapi/Seika Farm), Muhamad Amberi (Budidaya Edamame), Naspi (Kultur Jaringan Pisang), M. Achditia Anbahar (Sahabat Tani), M. Rafii (Jamur MW), M. Aulia (Anjani Coffee Shop), Samsudinnoor (GT Broiler Putra), Baydawi (pisang Keju), M. Pudin (Kebun Sayur Segar), dan Yogi Subagyo (Barokah Telur). (rhs/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Korban Mutilasi di Jombang Belum Teridentifikasi


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler