Daftar City Car Terlaris, Juaranya Adalah.....

Jumat, 21 Oktober 2016 – 09:41 WIB
Ilustrasi. Foto; Ist

jpnn.com - JAKARTA - Pasar mobil kota terbagi menjadi dua segmen. Yakni, segmen A yang diisi produk dengan kapasitas mesin 1.000–1.200 cc dan segmen B yang menggunakan mesin 1.300–1.500 cc.

Pada segmen B, Honda Jazz dan Toyota Yaris menjadi penguasa. Jika digabungkan, pangsa pasar dua mobil hatchback itu lebih dari 90 persen.

BACA JUGA: Uang Tebusan Amnesti Pajak Sentuh Rp 40,3 miliar

Pada segmen A, persaingan lebih seru. Sejak Januari–September, Honda Brio memimpin 37 persen, disusul Mitsubishi Mirage (17 persen), Toyota Etios (17 persen), Daihatsu Sirion (13 persen), Nissan March (11 persen), dan Suzuki Splash (4 persen).

”City car itu bisa dibilang paling ramai. Meski pasarnya tidak besar, tapi ramai. Hampir semua merek ada di situ,” kata Marketing Director Astra Daihatsu Motor (ADM) Amelia Tjandra.

BACA JUGA: HOREE...Petani Terima Dana Aspirasi dari DPR

Selain karena permintaan pasar yang terus tumbuh, city car kerap menjadi pilihan mobil pertama.

Karena itu, produsen berupaya memberikan kesan pertama yang istimewa, bukan hanya dari sisi fitur dan kecanggihan, tapi juga desain dan warna.

BACA JUGA: Suku Bunga Turun Lagi Sampai Akhir Tahun

Kelengkapan fitur menjadi tuntutan. Sebab, city car membidik mahasiswa, eksekutif muda, perempuan karir, hingga ibu rumah tangga.

Tak mengherankan, fitur yang memudahkan konsumen perempuan, seperti transmisi otomatis, menjadi salah satu pertimbangan membeli city car.

Head of Mitsubishi Motor Corporation (MMC) Sales and Marketing Group PT Kramayudha Tiga Berlian Motor (KTB) Imam Choeru Cahya mengakui, pihaknya mengarahkan Mirage masuk hingga ke segmen pelajar dan mahasiswa.

Namun, perluasan target tersebut berhadapan dengan mobil murah ramah lingkungan (low cost and green car/LCGC). Meski dari sisi fitur dan desain kalah jauh, harga LCGC memang lebih terjangkau daripada city car.

KTB menganggap, city car sangat penting dalam menjaga kompetisi di pasar otomotif nasional. Pertumbuhan pasarnya juga menggembirakan.

Selain sebagai mobil pertama, mobil kota kini menjadi kendaraan pelangkap untuk menunjang aktivitas harian.

”Pemilik MPV dan sport utility vehicle butuh mobil tambahan untuk aktivitas anggota keluarga. Pilihannya city car karena bentuknya kompak dan konsumsi bahan bakarnya efisien,” terang Imam.

”Efisiensi dan kelincahan menjadi pertimbangan utama ketika membeli city car,” imbuhnya.

Selain model dan warna yang lebih beragam jika dibandingkan dengan MPV dan SUV, aspek keselamatan menjadi pertimbangan utama calon konsumen. Fitur lainnya adalah penunjang kegembiraan (fun to drive). (gen/c5/noe/jos/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Badan Usaha Penyalur BBM Wajib Bangun SPBU di Indonesia Timur


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler