Dana Otsus Tiga Daerah Bertambah

Senin, 16 Agustus 2010 – 22:02 WIB

JAKARTA - Pemerintah menaikkan jumlah dana otonomi Khusus (Otsus) untuk tiga provinsi yakni Nangroe Aceh Darussalam, Papua, serta Papua BaratDiharapkan, tingkat kesejahteraan di tiga daerah itu dapat meningkat seiring bertambahnya dana Otsus.

Saat menyampaikan nota keuangan pemerintah pada RAPBN 2011 di hadapan Paipurna DPR, Senin (16/8), Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengungkapkan, besaran dana Otonomi Khusus di RAPBN 2011 telah dinaikkan

BACA JUGA: Bulyan Royan Bukan Korban Pemerasan

Disebutkannya, transfer dana Otsus ke daerah tahun 2011 beserta penyesuaiannya sebesar Rp49,3 triliun


"Jumlah ini naik Rp19,1 trilun atau 63,2 persen dari APBN-P 2010 yang sebesar Rp30,2 triliun

BACA JUGA: 14 Daerah Otonom Baru Dipastikan Terima DAU Sendiri

Alokasi anggaran itu, terdiri dari Dana Otonomi Khusus sebesar Rp10,3 triliun, dan Dana Penyesuaian sebesar Rp39,0 triliun," kata SBY.

Menurut SBY, Dana Otsus akan alokasikan masing-masing untuk Papua sebesar Rp3,1 triliun, Papua Barat sebesar Rp1,3 triliun, dan Aceh sebesar Rp4,4 triliun
Selain dana otonomi khusus, khusus Provinsi Papua dan Papua Barat juga dialokasikan dana tambahan infrastruktur sebesar Rp1,4 triliun.

"Meningkatnya dana otonomi khusus ini merupakan komitmen dan tekad kita, pada upaya percepatan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan saudara-saudara kita di Papua, Papua Barat dan Aceh," pungkasnya.(ara/jpnn)

BACA JUGA: Ada Kandidat Beri Alamat Palsu

BACA ARTIKEL LAINNYA... Masa Penahanan Baasyir Ditambah Empat Bulan


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler