Danau Weekuri Hadir Seperti Cermin Raksasa

Rabu, 29 Juni 2016 – 12:03 WIB
Danau Weekuri di Kecamatan Kodi Utara, Kabupaten Sumba Barat Daya, Provinsi NTT. FOTO: Timor Express/JPNN.com

jpnn.com - Sumba Barat Daya adalah kabupaten yang mekar sembilan tahun silam dari Kabupaten Sumba Barat. Sumba Barat Daya merupakan salah satu daerah di Provinsi NTT yang memiliki potensi wisata bahari yang tak kalah menariknya dengan daerah lain.

FEKI BOELAN, TAMBOLAKA

BACA JUGA: Kisah Rita saat Bekerja di RS, Rajin Kumpulkan Botol Bekas Vaksin

SEJUMLAH lokasi wisata bahari itu pun, masih perawan. Pasalnya, sejumlah obyek wisata itu masih belum tersentuh oleh kebijakan pemerintah untuk mendorong pengelolaannya menjadi sebuah destinasi wisata bahari baru.

Tak pelak, untuk mencapai lokasi-lokasi itu wisatawan butuh kesabaran. Karena jalan yang dilalui untuk mencapai obyek-obyek wisata tersebut masih belum diberi perhatian serius oleh Pemkab setempat.

BACA JUGA: 100 Jamaah di Masjid 24 Jam, Tarawih Dilaksanakan Dini Hari

Danau/Laguna Weekuri, misalnya, danau tersebut mungkin sudah tidak asing lagi bagi wisatawan yang pernah berkunjung ke Sumba Barat Daya (SBD). Danau tersebut berada di Desa Kalenarogo, Kecamatan Kodi Utara.

Jika ditempuh dengan mobil/sepeda motor, pengendara butuh setidaknya dua jam lebih untuk tiba di sana dengan menempuh jarak sekira 60 kilometer dari Kota Tambolaka ibukota SBD.

BACA JUGA: Warga Non Muslim Juga Siapkan Takjil Berbuka Puasa di Masjid

Weekuri adalah danau air asin atau laguna indah yang terbentuk oleh kumpulan air laut yang masuk melalui celah-celah karang di pinggir pantai. Laguna atau danau air asin Weekuri merupakan sebuah destinasi wisata dengan sajian danau alam.

Karenanya, danau ini wajib untuk dikunjungi jika bertandang ke Kabupaten Sumba Barat Daya. Daerah yang dipimpin Markus Dairo Talu ini memang mempunyai tempat-tempat wisata indah yang patut dimasukkan kedalam itenirary trip traveller seperti Danau Weekuri ini.

Danau air asin ini memang layaknya sebuah kolam renang yang secara alami terbentuk oleh air laut yang masuk melalui karang kokoh yang membentengi danau ini dan lautan. Keindahan danau ini terlihat dari teduhnya air yang berada dalam kolam. Biru toscanya air yang memanjakan mata, juga mampu menyajikan isi dari danau tersebut.

Seperti namanya, Danau Weekuri ini seperti cermin raksasa, karena jika dilihat dari atas danau ini sangat-sangat jernih. Jadi akan terlihat seperti cermin. Bahkan pasir di dasar danau ini terlihat sangat jelas.

Selain itu, Danau Weekuri ini tidak terlalu dalam, jadi akan sangat cocok untuk bersantai dan berenang. Ditambah lagi dengan suasana alamnya yang damai membuat Anda akan merasa nyaman dan betah.

Dan perlu diketahui bahwa jika dilihat dengan seksama, Danau Weekuri ini merupakan laguna yang dibentengi gugusan karang yang besar.

Timor Express (JPNN Group) di suatu kesempatan bertandang ke Danau Weekuri. Di sana, terpantau beberapa sisi, Anda bisa melihat gradasi warna yang berbeda dari birunya air danau ini dan dipadu kontrasnya hijau pepohonan dan karang-karang kokoh yang membentengi area danau.

Yang perlu diketahui adalah untuk mencapai Danau Weekuri, tidak ada jalur transportasi khusus ke sana. Jika ingin ke sana, Anda dapat menggunakan jasa ojek atau rental mobil.

Akses jalan masuk masih belum beraspal dan hanya berupa jalan tanah, namun masih bisa dilalui kendaraan. Sepanjang perjalanan, Anda tidak akan melihat rumah ataupun pemukiman penduduk namun Anda akan disuguhi semak dan rerumputan pada setiap sisi jalan.

Perjalanan ke sana pun seakan seperti sebuah treasure untuk mendapatakan harta karun. Kesan pertama yang muncul saat Timor Express tiba adalah decak kagum. Pasalnya, danau itu seakan tidur tenang dengan keindahan yang dimilikinya.

Saya menyempatkan diri untuk sekadar berbincang dengan beberapa warga SBD yang kebetulan saat itu juga berada di sana. Okta, salah satunya. Dia mengaku Weekuri konon merupakan nama sebuah perkampungan, namun tenggelam oleh meluapnya air laut, yang akhirnya membuat perkampungan Weekuri hilang. Lalu muncullah Laguna yang akhirnya disebut Danau Weekuri.

Danau Weekuri merupakan salah satu destinasi favorit yang ada di Kabupaten Sumba Barat Daya dan selalu ramai dikunjungi. Danau ini selalu menjadi destinasi bagi para pelancong asing yang datang ke SBD.

"Tidak akan lengkap rasanya jika datang ke SBD dan tidak mengunjungi danau Weekuri,"pujinya.(timor express/fri/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Mengaku Belum Beristri, Brigadir Trubus: Kubunuh Kau!


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler