Dari 1400 Peserta, Hanya 50 Lulus SKD Tes CPNS 2018

Selasa, 13 November 2018 – 08:45 WIB
Peserta tes CPNS wajib daftar ulang sebelum mengikuti tes SKD. Foto:FUAD MUHAMMAD/KALTIM POST/JPNN.com

jpnn.com, BANJARBARU - Dari 1400 peserta tes CPNS di Pemko Banjarbaru, Kalsel, hanya 50 orang yang lulus seleksi kompetensi dasar (SKD).

Minimnya peserta yang lolos, membuat Walikota Banjarbaru Nadjmi Adhani khawatir bakal banyak formasi yang kosong pada CPNS 2018. "Tahun ini kita mendapatkan 96 formasi, sementara yang lolos tes SKD hanya 50. Belum lagi nanti ada tes seleksi bidang. Jadi, dikhawatirkan nantinya akan ada formasi yang kosong," kata Nadjmi.

BACA JUGA: Banyak Formasi Kosong, Mengapa tak Gelar Tes CPNS Lagi?

Dia mengungkapkan, banyaknya peserta CPNS yang gagal pada tes SKD bukan hanya terjadi di Banjarbaru. Melainkan, hampir di seluruh daerah. Sehingga, dapat disimpulkan itu dikarenakan terlalu tingginya passing grade yang ditentukan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

"Kami berharap pasing grade dapat dievaluasi, kalau seperti ini akan ada formasi yang kosong. Padahal sayang kalau tidak ada yang mengisinya," pinta orang nomor satu di Banjarbaru ini.

BACA JUGA: Nih, Angka Kelulusan SKD Tes CPNS 2018 per Wilayah

Pada tes SKD terdapat tiga kategori soal yaitu Tes Karakteristik Pribadi (TKP), Tes Intelegensia Umum (TIU) dan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) yang mempunyai nilai ambang batas masing-masing.

Sesuai Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi nomor 37 Tahun 2018, tentang Nilai Ambang Batas Seleksi Kompetensi Dasar Pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil Tahun 2018. Passing grade untuk TKP nilainya 143, TIU 80 dan TWK 75.

BACA JUGA: Peserta Tes CPNS: Satu Ruangan Hampir Semua tak Lulus

Dari tiga soal itu, TKP yang disebut-sebut paling sulit. Lantaran, soalnya yang mampu mengecoh peserta. "Untuk soal TKP, kami harus memilih jawaban yang berpoin tinggi. Sementara semua jawaban benar dan hampir sama. Itu yang menurut saya sulit," ujar Novrihati, salah seorang peserta CPNS yang gagal mencapai nilai ambang batas dalam tes SKD.

Menurutnya, memiliki soal yang mampu mengecoh banyak peserta. Seharusnya passing grade TKP tidak terlalu tinggi dari tipe soal lainnya. "Harusnya soal yang mudah saja passing grade-nya tinggi. Kalau TKP, jangan terlalu tinggi," pungkasnya. (ris/by/bin)

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Tak Obral Kelulusan CPNS, Peserta SKB Tetap 3 Kali Formasi


Redaktur & Reporter : Soetomo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler