Dari Pasar Sampai Kampung Nelayan, Jokowi Sibuk Klarifikasi Kampanye Hitam

Jumat, 13 Juni 2014 – 14:13 WIB

jpnn.com - BANYUMAS - Calon presiden (capres) Joko Widodo kembali turun ke lapangan untuk melakukan kampanye Jumat (13/6).

Setelah kemarin mengunjungi sejumlah wilayah di pantai selatan Jawa Barat, hari ini giliran pantai selatan Jawa Tengah yang disambanginya.

BACA JUGA: Pengerjaan Jalur Pantura Sudah 95 Persen

Jokowi mengawali kampanye dengan mengunjungi Pasar Sokaraja, Banyumas, Jawa Tengah. Di sana, Jokowi disambut ratusan pedagang dan warga sekitar.

Meski berbicara di kawasan pasar tradisional, Jokowi tidak menyampaikan program-program terkait perekonomian. Gubernur DKI Jakarta nonaktif ini lebih memilih mengklarifikasi berbagai isu miring tentang dirinya.

BACA JUGA: Menkopolhukam Pertanyakan Keaslian Surat Pemecatan Prabowo di Medsos

"Isu haji. Masa H di depan nama saya dibilang Herbertus, saya sebenarnya tidak mau bilang ini, karena nanti saya takut dibilang riya. Tapi saya sampaikan saya sudah haji tahun 2003 lalu," kata Jokowi.

Isu-isu lain yang mempertanyakan keislamannya pun ikut dibantah. Jokowi juga membantah isu penghapusan dana sertifikasi guru dan program beras miskin (raskin).

BACA JUGA: Rully Dicecar Terkait Penganggaran dan Rapat Hambalang di DPR

Saat bertemu ratusan relawan dan nelayan di Pantai Teluk Penyu, Cilacap, Jokowi kembali menyampaikan pidato yang sama. Pria berbadan cungkring ini lebih memilih melakukan klarifikasi dibanding menyampaikan visi misi dan programnya tentang kelautan.

Sebelumnya dalam kampanye di sejumlah pesantren di Jawa Barat, Jokowi juga menggunakan pola yang persis sama.

Ketika itu di hadapan ulama, Jokowi mengatakan bahwa saat ini ada puluhan kampanye hitam ditujukan kepadanya.

Oleh karenanya, kini mantan Walikota Surakarta ini memilih untuk fokus melakukan klarifikasi.

"Kalau enggak disikapi, isu yang jelek-jelek ini akan berpengaruh, meresahkan juga," ujarnya di Pantai Teluk Penyu. (dil/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Polri Tunggu Jokowi Lapor soal Tabloid Obor


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler