Dave Laksono Tempuh Pendidikan Doktoral Demi SDM Unggul

Senin, 30 Agustus 2021 – 22:33 WIB
Ilustrasi - Anggota DPR RI Dave Laksono menempuh pendidikan doktoral di Universitas Pertahanan. Foto: Ist for jpnn.com.

jpnn.com, JAKARTA - Anggota Komisi I DPR RI Dave Akbarshah Fikarno Laksono menilai sumber daya manusia (SDM) unggul dalam segala bidang merupakan kunci bagi kemajuan bangsa.

Karena itu peningkatan SDM menjadi bagian penting yang harus terus dilakukan.

BACA JUGA: Pesangan Wamen Rp 580 Juta, Sudah Diteken Presiden Jokowi

"Urgensi ini selaras dengan visi misi pemerintah yang menempatkan pembangunan SDM sebagai prioritas utama,” ujar Dave dalam keterangannya, Senin (30/8).

Politikus Partai Golkar ini diketahui kini tercatat sebagai mahasiswa program doktoral di Universitas Pertahanan angkatan keempat.

BACA JUGA: Cara Efektif Menjaga Kesehatan Mental di Masa Pandemi, Begini

Unhan kembali menyelenggarakan program doktoral tahun akademik 2021/2022.

Pendidikan program doktoral resmi dibuka Wakil Menteri Pertahanan Letjen TNI Muhammad Herindra, bersamaan dengan pembukaan pendidikan D3, S1 dan S2 di Kampus Unhan, Sentul pada Senin(30/8).

BACA JUGA: Ada Dugaan Monopoli Beras Hingga Persoalan Distribusi Bansos

Upacara pembukaan dihadiri Rektor Unhan Laksamana Madya TNI Prof Amarulla Octavian, beserta pejabat eselon 1 dan 2 Unhan, pejabat eselon 1 di lingkungan Kementerian Pertahanan, para pejabat Mabes TNI dan tamu undangan lainnya.

Menurut Dave, sebagai perguruan tinggi pemerintah, Universitas Pertahanan (Unhan) secara teknis akademik dibina oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek) dan secara teknis fungsional dibina oleh Kementerian Pertahanan (Kemhan).

“Jadi, sistem pendidikan dan penerimaannya sudah dapat dipastikan sesuai dengan kebutuhan peningkatan SDM saat ini,” ucapnya.

Dave mencontohkan pada tahapan penerimaan mahasiswa untuk program doktoral, harus melalui seleksi persyaratan administrasi yang teliti dengan berbagai seleksi ketat.

“Sehingga mereka yang diterima memang layak bila pada akhirnya bangga diterima di program S3 dengan memperoleh beasiswa dari Universitas Pertahanan RI,” ucapnya.

Ketua Umum PPK Kosgoro 1957 ini kemudian menyebut keistimewaan program doktoral Cohort 4 atau angkatan 4 Unhan.

Menurutnya, 22 mahasiswa doktoral terpilih merupakan gabungan komposisi yang lengkap dan unik.

“Para senior adalah dari kalangan sipil dan militer dengan berbagai pengalaman bergabung dengan generasi muda yang cerdas dan energik dalam satu cohort dinamis. Sinergitas lintas generasi dari tokoh sipil dan militer terwakili dalam program doktoral cohort 4 ini,” ucapnya.

Dalam program doktoral Unhan tahun ini antara lain terdapat Letjen TNI (Purn) Sjafrie Sjamsoeddin, mantan Wamenhan yang saat ini menjabat Asisten khusus Menhan bidang manajemen pertahanan.

Dari kalangan generasi muda terdapat Dave Laksono.

Kemudian Mayjen TNI Benny Octaviar sebagai Koorsahli Panglima TNI dan sejumlah nama lainnya.

"Harapan kami semoga kombinasi terbaik anak bangsa melalui program doktoral cohort 4 Unhan ini dapat berkarya dan memberikan strategi serta solusinya demi kejayaan Indonesia,” pungkas Dave.(gir/jpnn)

Kamu Sudah Menonton Video Terbaru Berikut ini?


Redaktur & Reporter : Ken Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler