Dekati Papan Atas

Senin, 21 Maret 2011 – 08:31 WIB
Okto Maniani (SFC) ditempel Habel Satya dan Boakay (Persiwa) dalam lanjutan ISL di Gelora Sriwijaya Jakabaring Palembang. Foto: Evan Zumarli/Sumatera Ekspres

PALEMBANG-Sriwijaya FC sukses mengawali debut perdana laga home putaran kedua Indonesia Super League (ISL) musim iniSetelah sukses menang 2-1 (2-1) atas Persiwa Wamena, di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, kemarin (20/3).

Gol Sriwijaya diciptakan oleh Keith Kayamba Gumbs pada menit ke-28, dan selanjutnya disumbangkan oleh Thierry Gathuessi menit ke-31

BACA JUGA: Terry Kapten, Ferdinand Ngambek

Sedangkan gol tunggal Persiwa diciptakan oleh Boakay Eddie Foday pada menit ke-12.

“Pemain mampu keluar dari tekanan
Sebelumnya kami dalam kondisi kelelahan setelah bertanding dengan TSW Begasus, serta tanding dengan kondisi 10 derajat

BACA JUGA: Totti Tembus 201 Gol

Pasti ini sangat sulit bagi kami, tapi pemain bisa memetik poin penuh pada pertandingan kali ini,” kata pelatih Sriwijaya FC, Ivan Kolev usai pertandingan, kemarin (20/3).

Kemenangan ini menjadi bukti kebangkitan Laskar Sriwijaya pada laga Indonesia Super League (ISL)
Mengingat, dua laga terakhir putaran kedua, skuadra Ivan Kolev selalu kalah

BACA JUGA: The Reds Buka Jalur Menuju Eropa

Yakni setelah tumbang 0-1 dari Pelita Jaya (5/3) dan kalah 1-2 dari Semen Padang (8/3) laluYa, pada bentrok yang disiarkan langsun antv itu, permainan Sriwijaya menunjukan progress dibandingkan dua laga sebelumnyaIni terlihat, Keith Kayamba Gumbs dkk selalu memberikan tekanan sejak menit awal.

Seperti, pada menit ke-5 lewat tendangan Jajang Mulyana yang masih gagal memanfaatkan umpan matang Arif SuyonoKemudian tandukan Thierry Gathuessi pada menit ke-11 masih bisa dihalau pemain belakang Badai Pegunungan (julukan Persiwa).

Tapi, sayang semuanya belum berbuah golJustru, keasikan menyerang, Laskar Sriwijaya kebobolan terlebih dahulu lewat gol yang diciptakan kapten tim Persiwa, Boakay Eddie Foday pada menit ke-12Tapi, kondisi itu bisa berubahSetelah, Keith Kayamba Gumbs mampu menyamakan kedudukan pada menit ke-28 setelah mendapat umpan matang dari Kim Yong HeeSkor 1-1.

Sukses menyamakan kedudukan, Laskar Wong Kito terus memberikan gempuranHasilnya, skuadra Ivan Kolev mampu unggul lewat gol Thierry GathuessiYang sebelumnya, tendangnya sempat mengenai kaki defender Persiwa, Sasa Sacevic pada menit 31skor 2-1 untuk Sriwijaya hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, kedua tim terliaht lebih hati-hatiSehingga tidak banyak peluang yang terciptaPeluang matang dari kubu Sriwijaya sendiri hanya tercipta lewat tendangan Supradi menit ke-81Tapi, sayang tendangannya masih bisa ditangkap kiper David Arianto

Sedangkan dari kubu Persiwa tercipta lewat tendangan keras Ferdinand Sinaga pada menit ke-53Tapi, masih bisa dihalau kiper Ferry RotinsuluSkor 2-1 untuk Sriwijaya hingga laga usaiSukses meraup tiga poin, Sriwijaya langsung naik satu peringkat pada posisi ke-6 dengan torehan 26 poin dari 17 laga serta surplus gol (27-23)Poin itu sama dengan peringkat lima, Arema FCTapi, Singo Edan (julukan Arema) baru bermain 16 kali dengan surplus gol (26-16)

Praktis dengan torehan itu, asa Sriwijaya untuk merengkuh target runnerup bakal mudahPasalnya, selisih poin dengan para rivalnya tidak jauh berbedaSeperti Persiwa Wamena yang berada diperingkat ke-4 dengan torehan 27 poinBegitu juga dengan peringkat tiga, Semen Padang dan runnerup Persija Jakarta yang sama-sama mengoleksi 32 poin.

Bukan hanya itu, kemenangan itu juga sebagai modal berharga bagi Laskar Wong Kito (julukan Sriwijaya FC) untuk menghadapi laga selanjutnyaYakni, melawan Persipura Jaya Pura, (23/3) nanti“Mudah-mudahan motivasi pemain bisa terjagaSehingga, mereka bisa lebih baik menjalani pertandingan selanjutnya dibandingkan saat ini,” lanjut mantan arsitek Timnas Indonesia itu.

Sementara, dengan kekalahan itu, Persiwa saat ini masih bercokol diperingkat ke-4 dengan 27 poinMeski mengalami kekalahan, coach Persiwa Suharno tidak terlalu kecewa dengan permainan anak asuhnya“Kedua tim bermain cukup baikKami banyak peluangTapi sayang, kami kurang beruntung,” kata Suharno usai pertandingan.

Suharno melanjutkan, dua gol yang tercipta Sriwijaya murni kelengahan anak asuhnya“Terutama pemain belakangMereka banyak memberikan ruang kepada Keith Kayamba Gumbs untuk gol pertamaTapi, wajar, defender kami masih muda, sehingga minim pengalamanSedangkan gol kedua, lantaran kiper dengan pemain belakang misskomukationTapi, mereka sudah bekerja keras,” pungkasnya(mg43)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Penentu Posisi Tiga Besar ATP


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler