Del Bosque Peringatkan Matador

Minggu, 02 Mei 2010 – 05:46 WIB
WARNING - Pelatih Spanyol, Vicente del Bosque, saat berbicara kepada pers usai 'drawing' grup Piala Dunia 2010, akhir tahun lalu. Foto: AFP Photo/Gianluigi Guercia/FIFA.com.
MADRID - Tersingkirnya Barcelona dari pentas Liga Champions tengah pekan ini, disikapi serius oleh pelatih timnas Spanyol, Vicente del BosqueDia percaya, kekalahan Barcelona dari wakil Italia Inter Milan merupakan peringatan buat timnya

BACA JUGA: Capello Izinkan WAGs ke Afsel

Hikmah yang diambilnya, bahwa tim yang di atas kertas lebih kuat dengan koleksi pemain top, bisa bertekuk lutut kepada tim yang menang strategi.

Seperti diketahui, Barcelona tersingkir dalam dua leg semifinal Liga Champions setelah kalah agregat 2-3 dari Inter
Total, dalam pertandingan mereka menguasai 75 persen ball possession, serta melepaskan tak kurang dari 12 tendangan ke gawang Inter

BACA JUGA: Cassano Pilih Nikah Ketimbang Timnas

Namun, catatan itu tidak menolong pasukan Josep Guardiola untuk melaju ke final.

"Itu adalah cerminan dari apa itu sepakbola, dan apa saja yang mungkin terjadi pada kami
Tim yang secara teknis lebih superior dan mendominasi pertandingan, belum tentu bisa menang," tegas Del Bosque, seperti dilansir Associated Press.

"Saya kira, ini adalah peringatan jelas kepada kami

BACA JUGA: Rooney, Pesepakbola Terbaik Inggris

Datangnya pun sangat pas, hanya dua bulan menjelang Piala Dunia (PD) 2010, dan kami tidak boleh mengabaikannyaPelatih yang menolak melihat fakta ini adalah orang yang tidak mau menghadapi kenyataan," lanjutnya.

Dalam PD yang digeber di Afrika Selatan mulai 11 Juni mendatang, Matador memang menjadi salah satu favorit juaraItu tidak terlepas dari koleksi pemain mereka yang tak jauh berbeda dari saat menjuarai Euro 2008 laluAda duet David Villa dan Fernando Torres di depan, didukung Xavi Hernandez dan Andres Iniesta di tengahPlus, Carles Puyol, Xabi Alonso, plus kiper berpengalaman Iker Casillas, ikut melengkapi kekuatan Spanyol.

Eks pelatih Real Madrid itu juga mengingatkan, bahwa mereka sudah pernah menderita kekalahan mengejutkanYakni di semifinal Piala Konfederasi 2009 lalu, ketika Torres dkk dikalahkan Amerika Serikat (AS) 0-2Padahal dari segi level maupun performa, Spanyol jauh lebih unggulTorres dkk melepaskan 29 tendangan ke gawang, tiga kali lebih banyak dibanding AS yang hanya membukukan sembilan tendanganNyatanya, mereka kecolongan dalam dua counter attack yang rapi dan cepat.

"Tim manapun yang kerjasamanya bagus dan punya tujuan bersama, punya energi untuk melakukan serangan balik yang kuatDi sepakbola, kita tidak bisa bertahan dengan pola lamaHarus ada tekad untuk meningkatkan diri dan siap menghadapi kesulitan," kata Del Bosque.

Sementara, pria berusia 59 tahun itu juga percaya diri bahwa Torres dan Iniesta yang saat ini cedera bisa pulih tepat pada waktunyaMeskipun Torres sendiri baru sebulan lalu menjalani operasi lututJika Torres tak bisa sembuh sebelum PD pun, dia mengaku tidak khawatir"Kami punya banyak pemain yang siap melapis Torres," tegas Del Bosque(na/ito/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Essien Terancam Absen Bela Ghana


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler