Delay Lewat 4 Jam, Penumpang Pesawat Harus Terima Kompensasi

Minggu, 04 Agustus 2013 – 22:40 WIB

jpnn.com - JAKARTA - Seluruh penumpang yang mengalami keterlambatan penerbangan lebih dari empat jam akan memeroleh ganti rugi sesuai regulasi yang berlaku. Demikian dikemukakan Menteri Perhubungan E.E. Mangindaan menanggapi telah terjadinya keterlambatan sejumlah penerbangan di Bandara Soekarno-Hatta sejak Sabtu (3/8) hingga Minggu (4/8) pagi.

"Kalau nggak salah yang dilaporkan (delay) itu Lion Air. Kita kan sudah ada aturannya, lebih dari empat jam itu ganti rugi sekian ratus ribu rupiah per orang dan sebagainya. Jadi wajib ada sanksi dan airlines (perusahaan penerbangan) sudah tahu yang kayak begitu-begitu. Saya akan tekankan itu," ujarnya di Jakarta, Minggu (4/8).

BACA JUGA: Anggap Muhaimin Tak Dipercaya Buruh Lagi

Meski begitu, Mangindaan mengakui delay di Soekarno-Hatta tidak hanya disebabkan kelalaian pihak maskapai. Menurutnya, keterlambatan itu akumulasi dari  beberapa faktor. Di antaranya akibat terjadinya peningkatan arus mudik memasuki libur lebaran yang membuat sejumlah perusahaan penerbangan menambah frekuensi penerbangan (extra flight).

Penyebab lainnya, karena pihak Angkasa Pura II selaku pengelola Bandara Soekarno-Hatta juga tengah melakukan perbaikan pengerasan landasan pacu. Karenanya Mangindaan menegaskan bahwa penyebab keterlambatan penerbangan itu bukan karena faktor tunggal.

BACA JUGA: Cegah Peserta Konvensi Demokrat jadi Kutu Loncat

"Inilah yang menyebabkan jalur penerbangan menjadi sangat penuh. Padahal kita sudah bikin sedemikian rupa dimana yang ekstra flight malam hari. Tapi tetap yang landing (mendarat) maupun yang akan take-off (lepas landas) harus antri. Apalagi Soekarno-Hatta saat ini juga sedang dikembangkan sehingga banyak sekali alat-alat berat yang ada di situ," katanya.

Untuk mengatasi berulangnya peristiwa serupa, kata Mangindaan, pihak Angkasa Pura II tengah berupaya membenahi sistem yang ada sehingga penerbangan dapat dilakukan sesuai jadwal. "Minimal agar  jangan terlalu lama delay. Ini kan tanggungjawab bersama, jadi harus segera dilaksanakan," katanya.(gir/jpnn)

BACA JUGA: Gerah Soal Pabrik Narkoba di LP Tanjung Gusta

BACA ARTIKEL LAINNYA... Harus Ada Transparansi Dana Penyelenggaraan Konvensi


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler