Demokrat Naikkan Target Suara Jadi 20 %

Sabtu, 07 Februari 2009 – 07:44 WIB
TAMBAH TARGET: Sebuah poster Partai Demokrat bergambar Presien SBY tampak terpampang di pintu gerbang kompleks Gelora Bung Karno, Senayan Jakarta. Partai Demokrat menaikkan target perolehan suara pada Pemilu legislatif dari 15 persen menjadi 20 persen. Foto: Fery Pradolo/INDO.POS
JAKARTA - Beberapa hasil survei yang memosisikan Partai Demokrat di tempat teratas membuat mereka lebih percaya diriTarget suara yang sudah ditetapkan 15 persen kini berani ditingkatkan hingga 20 persen.

Untuk mematangkan proyeksi baru tersebut, partai yang didirikan SBY itu mengadakan rapimnas dua hari yang dimulai besok

BACA JUGA: Indonesia Butuh DPR yang Lemah

"Selain penyampaian strategi partai, semua akan dipompa semangatnya langsung oleh ketua dewan pembina (Susilo Bambang Yudhoyono, Red)," ujar Ketua Umum DPP Partai Demokrat Hadi Utomo saat memberikan keterangan pers di Gedung Expo PRJ, Jumat (6/2).

Siapa saja tokoh eksternal yang diundang? Hadi menyatakan, acara tersebut dikhususkan bagi kader internal
"Acara ini memang dikhususkan untuk konsolidasi internal, tokoh luar partai tak akan diundang," tegasnya

BACA JUGA: Gerindra Pede Pimpin Koalisi Alternatif



Bahkan, Wakil Presiden Jusuf Kalla yang sekaligus ketua umum Partai Golkar tak masuk dalam daftar undangan
"Enggak, acara ini hanya bersifat intern," ujarnya kembali.

Padahal, dalam Rapimnas Golkar Oktober 2008, SBY diundang dalam acara pembukaan

BACA JUGA: Caleg Harus Berperan Aktif

Begitu pula Rakernas PDIP beberapa minggu laluMeski tidak mengundang SBY-JK, sejumlah tokoh nasional lain masih diundang dalam pembukaan.

Tak diundangnya para tokoh di luar partai itu makin menegaskan bahwa Demokrat memang berusaha menghindari polemik soal bakal cawapres yang mendampingi SBY"Kami lebih memilih memenuhi target 20 persen ini dulu," ujar Hadi.

Hadi mengakui, peningkatan target perolehan suara itu dilakukan setelah melihat perkembangan Demokrat dalam beberapa survei terakhirMisalnya, hasil dari Lembaga Survei Indonesia (LSI) menempatkan Demokrat di urutan puncak partai yang paling banyak dipilih, sekitar 23 persenAngka itu meninggalkan PDIP dan Golkar yang masing-masing hanya memperoleh 17,1 persen dan 13,3 persen.

Di tempat yang sama, Ketua DPP Partai Demokrat Bidang Politik Anas Urbaningrum menambahkan, konsentrasi partainya memang tak akan tergganggu dengan isu capres/cawapres yang telah hangat berkembang di sejumlah partai besar lainnyaSebut saja, PDI Perjuangan dan Partai Golkar

"Silakan saja, kami menghargai sikap mereka, tapi apakah itu ada hasilnya? Hanya mengumpulkan nama-nama saja kan?" sindirnya.

Namun, soal capres, Anas menegaskan bahwa Demokrat sudah fix kembali mengajukan SBYHal tersebut sesuai dengan hasil rapimnas terakhir pada 2008"Itu wajarSebab, beliau adalah founding fathers partai ini," jelas mantan ketua umum PB HMI itu.

Lantas, kriteria apa saja yang sudah ditetapkan saat nanti menjaring cawapres maupun mitra koalisi? "Melanjutkan sesuatu yang sudah baik, itu masih lebih baik ketimbang harus bongkar-bongkar lagi," ungkapnya sambil tersenyum(dyn/tof)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pemerintahan Baik, Masyarakat Dapat Memberi Kesempatan Lagi


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler