Dermaga II Pelabuhan Merak Rusak

Selasa, 25 Oktober 2011 – 10:52 WIB

PULOMERAK – Dermaga II Pelabuhan Merak mengalami kerusakan pada bagian jembatan penghubung dari dermaga ke kapalAkibatnya dermaga yang lokasinya berdekatan dengan dermaga I dan III itu kemarin tak dapat difungsikan karena dalam perbaikan.

Pantauan Radar Banten (JPNN Group) Senin (24/10) siang, layanan kapal roll-on roll-off (roro) dialihkan ke empat dermaga lainnya

BACA JUGA: Penerimaan CPNS tak Jelas, Masyarakat Bingung

Sementara itu sejumlah petugas tampak sedang mengelas bagian besi jembatan yang mengelupas
Menurut para petugas, jembatan penghubung itu rusak karena faktor usia

BACA JUGA: Walikota Ambon Bangga E-KTP Diterapkan

“Maklumlah sejak beroperasi sekira 1980-an belum mengalami kerusakan, ini sebenarnya kerusakan ringan,” kata Asep Barkah, petugas di dermaga II.

Menurutnya, kerusakan tidak akan memengaruhi lalu lintas penyeberangan kapal dari Pelabuhan Merak ke Bakauheni
Alasannya, perbaikan jembatan penghubung itu hanya butuh waktu sehari

BACA JUGA: Aceh Tengah Yakin Bakal jadi Lumbung Gula Pasir

“Meski ada bagian yang rusak, sebenarnya dermaga II masih bisa digunakan, toh kerusakan itu tertutupi dengan jembatan dari kapal,” ungkap Asep.

Kepala Cabang PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry Cabang Utama Merak La Mane mengungkapkan, pihaknya sedang membahas kemungkinan akan dihentikannya layanan kapal di dermaga IIDalam waktu dekat, ASDP akan melakukan pengecoran dan pemasangan paving block di dermaga tersebut“Masalah ini lagi kita rapatkan sekarang (Senin, 24/10), keterangannya nanti ya,” ujarnya.

Awal bulan lalu, La Mane juga mengungkapkan akan menutup sementara layanan di dermaga II karena akan ada proyek pembangunan jalan layang penghubung ke kapalMenurutnya, pembangunan jembatan itu masih menunggu suasana lengang agar tidak mengganggu aktivitas penyeberangan“Di Pelabuhan Merak dermaga yang sudah dilengkapi dengan jembatan penghubung atas baru dermaga I dan III, yang lain sedang kita rencanakan,” katanya.

Sementara itu, suasana Pelabuhan Merak kemarin terlihat lengangTidak ada antrean kendaraan baik roda dua, roda empat atau pun truk barangKarena suasananya sepi, ASDP Merak hanya mengoperasikan 22 kapal dari biasanya 26 kapal roro

Berdasarkan data ASDP Merak jumlah penumpang yang diseberangkan juga menurun dari 23.469 pada Sabtu (22/10) menjadi 19.951 orang pada Minggu (23/10)Jumlah truk yang diseberangkan juga menurun dari 2.945 unit pada Sabtu (22/10) menjadi 1.733 unit pada Minggu (23/10)(ibm/del/ags)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Dewan Desak Polisi Ungkap Penembak di Areal Freeport


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler