Dewan Monitoring Unas

Sabtu, 16 April 2011 – 14:31 WIB

SINTANG - Anggota DPRD Kabupaten Sintang, Provinsi Kalimantan Barat, akan memonitoring kegiatan Ujian Nasional (Unas) yang dilaksanakan Senin (18/4) mendatangMelalui Komisi III, monitoring tersebut akan dilaksanakan di kota Sintang dan kecamatan disekitarnya.

"Ini hanya monitoring, bukan mengawasi dengan temuan di lapangan

BACA JUGA: Jangan Mau Dirayu Bocoran Soal

Kami hanya melihat proses kegiatan dan pelaksanaannya saja," ungkap Sekretaris Komisi III DPRD Kabupaten Sintang Terry Ibrahim, saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (15/4).

Terry mengatakan, dalam hal ini, pihaknya telah berkoordinaso dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Sintang, dan monitoring yang dilaksanakan di Kota Sintang dan sekitarnya untuk SMU dan SMK ini akan melibatkan seluruh anggota dewan
Sedangkan untuk pengawasan ujian selanjutnya yaitu untuk SMP dan SD sederajat, akan dilaksanakan monitoring sampai ke seluruh wilayah Kabupaten Sintang, sesuai dengan daerah pemilihan masing-masing anggota dewan.

"Dinas Pendidikan menyambut baik upaya kita tersebut

BACA JUGA: 25 Siswi Tak Ikut UN, Terlibat Pidana dan Hamil Muda

Untuk ujian selanjutnya kita libatkan anggota dewan untuk memonitoring di masing-masing wilayah pemilihannya, sehingga mereka akan lebih mudah dalam melihat proses pelaksanaan ujiannya," kata dia.

Tak hanya itu saja, Terry menambahkan, pihaknya juga akan melaksanakan monitoring sampai ke wilayah perbatasan kabupaten, seperti Kecamatan Ambalau, Serawai dan Ketungau Hulu serta Ketungau Tengah
"Informasi di daerah perbatasan Kabupaten Sintang sangatlah kurang

BACA JUGA: Dua Juta Siswa SMA Ikuti UN Besok Lusa

Oleh sebab itu, kalau dilakukan monitoring di sana, diharapkan sekolah di sana yang melaksanakan ujian dapat berjalan sesuai dengan aturan yang berlaku," ungkap Terry.

Selain itu, Terry mengatakan, dalam hal pengamanan soal ujian Diknas Kabupaten Sintang diharapkan melakukan pengawasan yang ketat, dengan lebih memfungsikan aparat keamanan dan pengawas yang nantinya akan melaksanakan pengawasan di setiap sekolah dalam proses ujian.

"Kalau saya lihat, Diknas sudah cukup baik dalam upaya pengamanan ujian nasionalBaik dalam koordinasi dengan aparat keamanan maupun pengawas nantinyaSehingga diharapkan hal ini dapat meminimalisir permasalahan kebocoran soal ujian maupun kecurangan lainnya dalam Ujian NasionalSebab, hal itu sangat merugikan peserta sendiri," pungkas Terry.(wah)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Mendiknas Peringatkan Rektor Universitas Tri Sakti


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler