Di Depan Mahasiswa Teknik, Dahlan Iskan Tegaskan Komitmen soal Mobil Listrik

Jumat, 15 November 2013 – 19:09 WIB

jpnn.com - MALANG - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan mengaku senang jika berada di tengah-tengah para mahasiswa. Alasannya, Mantan Dirut PLN itu merasa yakin banyak anak muda penuh semangat yang bisa dijadikan contoh, seperti di Universitas Brawijaya, Malang.

"Saya senang berada di tengah-tengah mahasiswa tehnik, karena mereka adalah orang-orang rasional. Yang selalu berfikir rasional, bicara sesuai fakta. Kita harus dorong agar mahasiswa tehnik semakin banyak jumlahnya," ujar Dahlan saat memberi kuliah umum di Universitas Brawijaya, Malang, Jawa Timur, Jumat (15/11).

BACA JUGA: PPI Nilai Sulit Bedakan Ruhut Dengan Pelawak

Dalam kesempatan itu, Dahlan juga memuji hasil karya mahasiswa Fakultas Teknik Unibraw. Misalnya robot dan mobil listrik.  "Saya bangga dengan teman-teman Fakultas Teknik Unibraw yang dengan uang terbatas bisa menyelesaikan robot dan mobil listrik dengan waktu yang singkat dan dana terbatas," puji Dahlan.

Meski demikian pria asal Magetan itu juga mengingatkan pentingnya aspek keselamatan. Belajar dari pengalaman sebelumnya, Dahlan mengatakan bahwa semangat yang menggebu-gebu bisa menjadi bumerang jika terlalu berlebihan dan mengensampingkan aspek keselamatan.

BACA JUGA: Wakil Jaksa Agung Kosong, Perburuan Koruptor Kakap Terhenti

"Kita banyak belajar dari pembuatan mobil listrik pertama dulu (Tucuxi, red). Kalau yang pertama dulu saya sengaja memang nekad, mengendarai sendiri walau belum ada izinnya. Sekarang muncul generasi kedua yang sempat ditampilkan di APEC Bali kemarin," papar dia.

Beruntung, lanjyt Dahlan, saat ini pemerintah telah memberikan kepastian terkait uji coba sertifikasi kelaikan mobil listrik. Dengan demikian semangat untuk membuat mobil listrik di Indonesia tidak akan sia-sia begitu saja.

BACA JUGA: Anggap Komite Kurang Kreatif Dongkrak Greget Konvensi

"Kita bersyukur sekarang masalah lisensi ini ditangani Kementerian Negara Riset dan Teknologi  yang mereka memang ahlinya di bidang tehnologi. Sehingga penilai bener-benar ahli dibidangnya. Ini penting, agar semangat yang menggebu dari setiap kalangan dapat terlaksana dan tidak hanya sekedar cita-cita atau pidato-pidato saja. Saya akan berjuang terus, sampai kapanpun, karena ini bagian dari kemandirian bangsa kita. Karena mobil listrik adalah mobil masa depan kita," sebutnya. (chi/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... DPR juga Kecam Pernyataan Ahok


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler