Di Semarang, Demokrat Lirik PDIP

Sabtu, 07 November 2009 – 22:08 WIB
SEMARANG - Partai Demokrat melirik PDI Perjuangan sebagai mitrakoalisi dalam pemilihan wali kota (pilwalkot) Semarang April 2010 mendatangKomunikasi politik dengan parpol lain dilakukan Demokrat karena partai yang didirikan oleh Susilo Bambang Yudhoyono ini sadar bahwa untuk membesarkan Semarang perlu jalinan komunikasi yang baik dengan lintasparpol.

Hal itu disampaikan oleh Sekretaris DPD Partai Demokrat Jawa Tengah HA Dani Sriyanto SH

BACA JUGA: Tunggu Penjelasan KPU

Komunikasi politik dengan PDIP, diakui Dani, sudah dilakukan dengan petinggi DPD PDIP maupun DPC PDIP.

Bukankah Demokrat bisa mengusung calon sendiri tanpa koalisi? Dani membenarkan
Namun, kata pengacara kondang itu, berkoalisi merupakan upaya yang jadi prioritas partainya

BACA JUGA: 2016, Pilkada Bareng Pemilu DPRD

Demokrat, masih kata Dani, sadar bahwa untuk memajukan dan membesarkan Semarang, jalinan koalisi dengan lintasparpol sangat dibutuhkan.

Jadi H2 (calon wakil wali kota) tak harus dari Demokrat? Pria penyuka kemeja batik ini membenarkan
Namun, kata dia, calon yang ada tetap harus dilihat tingkat elektabilitasnya

BACA JUGA: Maju Pilkada, PD Bakal Recall Thamsir

Artinya lagi, calon dari mitra koalisi akan dilemparkan ke publik melalui survei yang selama ini dilakukan oleh Demokrat, melalui LSI-nya.

Survei kedua yang dilakukan pihaknya, kata Dani, sudah merupakan satu paket pasang calon wali kota-wakil wali kotaDan nama-nama paket, H1-H2, tak hanya berisi kader internalTapi juga nama-nama kader luar yang selama ini disebut-sebut dijagokan oleh calon mitra koalisi dan parpol lain.

Apa yang kini dilakukan Demokrat menyikapi tahapan pilwalkot? Dani menyampaikan saat ini pihaknya tengah mengusulkan nama-nama yang masuk Tim Sembilan ke DPPTim sembilan inilah yang nantinya menggodok nama-nama bakal calon H1-H2 yang sudah melalui mekanisme survei.

Hasil penggodokan setelah melalui mekanisme konsolidasi internal maupun musyawarah, dan debat yang ada selanjutnya akan diserahkan ke DPP untuk dimintakan rekomendasi"Hasil rekomendasi itulah yang nantinya jadi calon resmi yang diusung partai."

Tim Sembilan terdiri atas sembilan orang dari tiga unsurYakni 2 dari DPC, 3 dari DPD, dan sisanya dari DPP"Yang dari DPD, saya (Dani Sriyanto, Sekretaris DPD), Pak Kawi (Sukawi Sutarip, Ketua DPD Partai Demokrat Jateng) dan Mas Yoyok (Yoyok Sukawi, pengurus DPD Partai Demokrat Jateng)."

Sedangkan nama-nama perwakilan DPP di Tim Sembilan, Dani mengaku belum tahuSedangkan unsur DPC adalah ketua dan sekretaris(isk/aj)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Penjaringan Cabup PDI-P Sepi Peminat


Redaktur : Auri Jaya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler