Diabetes Hinggapi 21,3 Juta Warga

Minggu, 14 Maret 2010 – 09:36 WIB
BATAM- Pakar kesehatan ginjal, Prof DR dr Rully MA Roeslin, spPD-KGH menyebutkan bahwa penyakit Kencing Manis (diabetes melitus atau DM) telah menyerang 21,3 juta warga IndonesiaPenyakit jenis ini menempatkan Indonesia sebagai negara terbesar di urutan keempat di dunia

BACA JUGA: Malut Digoyang Gempa 7 SR

Banyaknya penderita diabetes melitus membuat kesehatan ginjal semakin rawan.

"Diabetes ini menjadi penyebab utama gagal ginjal, selain tekanan darah tinggi (hipertensi)." ujar Prof DR dr Rully MA Roeslin, spPD-KGH dalam seminar kesehatan dalam rangka hari ginjal se-Dunia dan hari ulang tahun (HUT) ke-10 klinik Ginjal Ny RA Habibie Batam di Rumah Sakit Budi Kemuliaan Batam, Sabtu (13/3).

Bahkan, Rully menyebutkan, sekitar 50 persen penderita diabetes mengalami gagal ginjal dan 27 persen penderita hypertensi juga mengalami hal yang sama.

Rully menjelaskan, gula di dalam darah dapat merusak sel tubuh bila jumlahnya diatas batas normal 7 atau 6,5 mmol/l
"Hanya dalam 72 jam gula berlebih akan merusak sel

BACA JUGA: Kejagung Salahkan Ditjen Pajak

Bagi yang keluarganya punya riwayat kencing manis, sebaiknya memeriksakan kesehatan lebih sering," tambahnya.

Lalu bagaimana mencegah penyakit ini? Menurut Rully, kuncinya memeriksakan diri secara rutin ke dokter
Selain itu, membiasakan hidup sehat

BACA JUGA: Tak Setuju Rokok Haram

Salah satunya mengurangi mengkonsumsi makanan-makanan cepat saji, pola makan teratur, cukup istirahat, memperbanyak olahraga dan menjaga berat badan agar tetap seimbang.

Untuk yang berusia di bawah 60 tahun, sebaiknya memeriksakan kesehatan setidaknya 2 tahun sekaliSedangkan bagi yang berusia di atas 60 tahun, dalam satu tahun minimal satu kali dia harus periksa kesehatan.

Pemeriksaan tersebut, menurut Rully, juga berlaku untuk mereka yang keluarganya ada yang menderita darah tinggiKarena, dengan pola hidup sehat dan memeriksakan kesehatan lebih sering ke Dokter, penyakit tersebut dapat dikendalikan sehingga jumlah penderita gagal ginjal bisa ditekan.(cr1/fuz/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Syarat Pemekaran Sering Diakali


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler