Dibangun Rusunawa untuk Mahasiswa

Rabu, 24 Juli 2013 – 17:27 WIB

jpnn.com - JAKARTA--Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera) akan membangun dua twin block (TB) rusunawa khusus untuk mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bengkulu.

Keberadaan rusunawa tersebut diharapkan dapat lebih meningkatkan kualitas lulusan IAIN Bengkulu serta mendorong mahasiswa agar bisa tinggal di hunian vertikal seperti rusun.

BACA JUGA: Yakin Hanya Sedikit yang Tolak Daging Beku dari Australia

"Kami akan bantu IAIN Bengkulu dengan membangun dua TB rusunawa khusus untuk mahasiswa," ujar Menteri Perumahan Rakyat (Menpera) Djan Faridz dalam keterangan tertulis yang diterima JPNN, Rabu (24/7).

Dijelaskannya, secara umum kebutuhan rusunawa untuk mahasiswa cukup besar. Apalagi banyak perguruan tinggi yang telah mengajukan proposal permohonan bantuan hunian vertikal tersebut.

BACA JUGA: Pemudik via Laut Diprediksi Capai 1,66 Juta

"Adanya rusunawa bisa menjadi tempat tinggal bagi mahasiswa baru yang berasal dari luar kota sehingga mereka tidak perlu kos terlalu jauh dari lingkungan kampus," ucapnya.

Selain itu, tambahnya, perguruan tinggi juga bisa melatih mahasiswa yang menjadi agen perubahan untuk membiasakan diri tinggal di hunian vertikal baik dari sisi hunian maupun cara bersosialisasinya.

BACA JUGA: Dahlan Iskan: Indonesia Masih Butuh 10 Pabrik Gula

Perguruan tinggi juga harus ikut membantu agar rusunawa yang ada bisa segera terhuni dengan menyediakan furnitur seperti lemari pakaian, tempat tidur dan meja belajar bagi mahasiswanya.

"Saya berharap IAIN Bengkulu juga bisa menjadikan rusunawa sebagai tempat sarana belajar bagi mahasiswa yang nyaman sehingga menghasilkan lulusan yang lebih berkualitas," harapnya.

Rektor IAIN Bengkulu Dr H Sirajuddin menyambut positif rencana Kemenpera tersebut. Saat ini, pihaknya telah mengusulkan permohonan bantuan pembangunan rusunawa untuk mahasiswa IAIN Bengkulu sebanyak dua TB seluas 8.000 meter persegi yang rencananya akan dibangun di atas tanah kampus yang memiliki tanah seluas 73,8 hektar.

Jumlah mahasiswa IAIN Bengkulu saat ini berjumlah 5.800 orang yang terdiri dari mahasiwa Fakultas  Syari'ah dan Ekonomi Islam 680 orang, Fakultas Tarbiyah dan Tadris 4.490 orang, Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah 420 orang serta program Pasca Sarjana 210 orang. (esy/jpnn)

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Rupiah Tembus Rp 10.220 per USD


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler