Didukung Bea Cukai Malang, UMKM Ini Sukses Ekspor Jaket Keselamatan ke Singapura

Selasa, 17 September 2024 – 11:47 WIB
Bea Cukai Malang saat melepas ekspor safety jacket atau jaket keselamatan di workshop Ayung Sportindo yang terletak di Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang. Foto: Dokumentasi Humas Bea Cukai

jpnn.com, MALANG - Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) asal Kota Malang, Ayung Sportindo mengekspor 13,75 kilogram produk safety jacket (jaket keselamatan) ke Singapura.

Ekspor yang terlaksana melalui Shopee Export pada Selasa (10/9) itu tidak terlepas dari dukungan Bea Cukai Malang.

BACA JUGA: Bea Cukai Sumbagbar Musnahkan 28,5 Juta Rokok Ilegal Hasil Penindakan Setahun Terakhir

Kepala Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi Bea Cukai Malang Dwi Prasetyo Rini mengatakan pihaknya melalui program Klinik Ekspor berkomitmen untuk mengembangkan dan memberdayakan UMKM berorientasi ekspor.

"Kami terus berupaya menggencarkan realisasi UMKM ekspor perdana untuk mendukung peningkatan perekonomian yang optimal," ujar Rini dalam keterangan resminya, Selasa (17/9).

BACA JUGA: Lewat Kegiatan Ini, Bea Cukai Imbau Masyarakat Tidak Konsumsi & Menjual Rokok Ilegal

Rini menyampaikan itu saat melepas ekspor di workshop Ayung Sportindo yang terletak di Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang.

Ayung Sportindo sendiri merupakan alumni Export Mentoring Programme (EMP) tahun 2024, yaitu program pelatihan ekspor untuk UMKM yang berlangsung selama tiga bulan.

BACA JUGA: Bea Cukai Berkomitmen Tingkatkan Pengawasan dan Penegakan Hukum di Perairan Indonesia

Kegiatan EMP yang merupakan program Klinik Ekspor Bea Cukai Malang ini ditujukan untuk menggali potensi para pelaku UMKM dengan memberikan kelas pelatihan tanpa dipungut biaya dan materinya pun disesuaikan dengan kebutuhan UMKM.

Pelatihan bertujuan agar para pelaku UMKM dapat merealisasikan ekspornya

Rini mengatakan ekspor perdana ini menunjukkan produk-produk UMKM Malang memiliki potensi yang besar untuk nemembus pasar internasional.

"Semoga berawal dari pelepasan ekspor perdana ini dapat memacu dan memberikan motivasi kepada UMKM lain di Wilayah Malang Raya dapat merealisasikan ekspornya," harapnya. (mrk/jpnn)


Redaktur : Sutresno Wahyudi
Reporter : Sutresno Wahyudi, Sutresno Wahyudi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler