Dies Natalis ke-60, IPB Berikan ‘Fateta Award 2024’ Kepada Menteri LHK dan Direktur Utama Astra

Minggu, 06 Oktober 2024 – 13:05 WIB
Ketua Umum Himpunan Alumni Fateta (HAF) IPB Luhur Budijarso menyerahkan Fateta Award 2024 kepada sejumlah alumni di Jakarta, Sabtu (5/10/2024). Foto: Dok. HAF IPB

jpnn.com, JAKARTA - Fakultas Teknologi Pertanian (Fateta) merupakan salah satu fakultas di Institut Pertanian Bogor (IPB University).

Dalam merayakan Dies Natalis ke-60, Himpunan Alumni Fateta (HAF) IPB menggelar sejumlah rangkaian kegiatan.

BACA JUGA: BPA Menyebabkan Diabetes hingga Infertilitas? Guru Besar IPB & Dokter Ahli Bersuara

Salah satunya memberikan Fateta Award 2024 kepada sejumlah alumni dengan berbagai kategori.

Ketua Umum HAF IPB Luhur Budijarso dalam keterangannya, Minggu (6/10/2024), memberikan apresiasi yang besar kepada seluruh alumni dan civitas akademika Fateta IPB yang telah memberikan kontribusi kepada negara dan masyarakat Indonesia.

BACA JUGA: Ribuan Mahasiswa UI hingga IPB Ikut Demo #KawalPutusanMK

Dekan Fateta IPB Prof Dr Ir Slamet Budijanto memberikan sambutan dalam acara Dies Natalis Fateta ke-60 di Jakarta, Sabtu (5/10/2024). Foto: Dok. HAF IPB

BACA JUGA: Bapanas Gandeng IPB Menggelar Bimtek Pengawasan Keamanan Pangan Segar

Perayaan Dies Natalis ke-60 mencerminkan komitmen Fateta IPB untuk terus mendorong inovasi dan keberlanjutan serta mencetak alumni yang siap menghadapi tantangan masa depan.

“Kegiatan ini menjadi momen penting mengenang dan menghargai dedikasi serta kontribusi yang diberikan alumni, dosen, dan tenaga kependidikan Fateta IPB yang telah mengukir prestasi dan sumbangsih di berbagai bidang,” kata Luhur.

Kegiatan Dies Natalis ke-60 dengan tema "Embracing the Gold, Walking to The Bold" ini digelar di Gedung Manggala Wanabhakti, Jakarta, Sabtu (5/10/2024).

Ratusan alumni dan civitas akademika (dosen/tenaga kependidikan) Fateta IPB hadir dalam silaturahmi yang dibuka oleh Dekan Fateta IPB Prof Dr Ir Slamet Budijanto sambil mengenalkan sejumlah inovasi pertanian/pangan modern.

Gugi Yogaswara selaku Ketua Pelaksana Dies Natalis Fateta ke-60 menjelaskan rangkaian kegiatan meliputi penghargaan alumni melalui Fateta Award 2024, silaturahmi, penayangan video dokumenter, talk show, pameran, penampilan seni/hiburan, dan Deklarasi Fateta IPB.

Menurut dia, Fateta Award 2024 merupakan apresiasi kepada alumni yang telah memberikan kontribusi luar biasa di berbagai bidang.

Ada beberapa kategori, di antaranya Outstanding Alumni in Government, Research Excellence, Lifetime Achievement, Professional Excellence, Special Contribution, dan Inspiring Leader versi mahasiswa Fateta IPB.

Dalam kategori Outstanding Alumni in Government, Fateta Award 2024 diberikan kepada Dr. Ir. Siti Nurbaya Bakar, MSc yang juga Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Selain Siti Nurbaya, dalam kategori yang sama juga diberikan kepada Ir. Ogi Prastomiyono, MBA selaku Kepala Eksekutif Pengawas Perasuransian, Penjaminan, dan Dana Pensiun merangkap Anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

“Penghargaan diberikan kepada Ibu Siti Nurbaya atas dedikasinya dan kontribusi terhadap upaya pelestarian lingkungan, pengelolaan sumber daya alam yang berkelanjutan. Selain itu, mendorong implementasi kebijakan hijau dalam pembangunan nasional,” katanya.

Selain Siti Nurbaya, Ir. Ogi Prastomiyono, MBA, juga memiliki prestasi luar biasa di bidang pemerintahan. Keduanya berperan penting dalam pengambilan kebijakan yang berdampak luas dan implementasi program yang mendukung kepentingan masyarakat dan lingkungan.

Untuk kategori Professional Excellence, Fateta Award diberikan kepada Adhi S Lukman yang juga

Ketua Umum Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Seluruh Indonesia (GAPMMI) dan Suparno Djasmin selaku Direktur Utama PT Astra International Tbk. Keduanya dinilai memberikan kontribusi signifikan dalam dunia industri dengan inovasi dan keunggulan profesional yang diakui secara luas.

Sebagai informasi, Fateta merupakan salah satu fakultas di IPB sejak tahun 1965 yang awalnya dikenal dengan Fakultas Teknologi dan Mekanisasi Pertanian (Fatemeta).

Saat ini Fateta memiliki program studi Teknik Pertanian dan Biosistem, Teknologi Pangan, Teknik Industri Pertanian, Teknik Sipil dan Lingkungan.(fri/jpnn)


Redaktur & Reporter : Friederich Batari

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler