Diet ala Djokovic, Sayuran Menu Utama

Minggu, 04 Desember 2011 – 16:13 WIB

Musim 2011 menjadi masa terburuk Venus WilliamsKondisi fisiknya drop sejak awal musim

BACA JUGA: CP3 Makin Dekat ke Knicks

Dia menemukan diet yang tepat untuk memulihkan kondisi fisiknya.

Kota Medellin di Kolombia cukup beruntung
Dua petenis wanita yang menjadi penguasa grand slam dalam satu dekade terakhir melakukan duel langsung di hadapan 8.000 penonton di kota itu, 24 November lalu

BACA JUGA: Margarito, Awas Mata Kananmu

Mereka adalah Williams bersaudara, Venus dan Serena Williams.

Pertandingan tersebut memang tak masuk dalam kalender tur WTA (Asosiasi Tenis Putri)
Keduanya hanya bermain dalam sebuah pertandingan yang berstatus ekshibisi

BACA JUGA: Boas Singkirkan Anelka-Alex

Tapi, laga yang dimenangkan Venus tersebut cukup mengobati kerinduan para penggemar tenis yang sudah lama tak melihat perseteruan duo Williams di lapangan.

Venus dan Serena sudah lama tak saling berhadapan di partai tunggalDalam statistik WTA Tour, terakhir kali terjadi pada turnamen akhir musim WTA Tour Championships 2009 yang dimenangkan SerenaNama terakhir masih unggul dalam rekor pertemuan, yaitu 13-10.

Penyebab tak saling bertemunya kedua petenis tak lain karena kondisi fisik yang tak bersahabat bagi merekaSerena absen sejak Juli 2010 hingga mei laluSementara, Venus absen dari lapangan Februasi hingga AgustusBahkan setelah melalui dua bulan masa comeback, Venus mengundurkan diri dari babak kedua grand slam AS Terbuka 2011.

"Saya jadi tahu kondisi terakhir saya, setelah pekan-pekan yang buruk dan rasa tidak nyaman karena istirahat panjang," demikian ungkap Venus usai ekshibisi itu.

Belakangan diketahui Venus mengidap penyakit Sjogren SyndromePenyakit tersebut merupakan penyakit kronis yang disebabkan serangan sel darah putih pada kelenjar produsen kelembapan pada tubuhGejala paling sering yang bisa dirasakan adalah mata dan mulut mengeringTapi rasa sakit juga bisa menyebabkan tak berfungsinya organ dan sistem tubuh lainnyaSembilan dari sepuluh penderita penyakit tersebut adalah perempuan

Berbagai upaya dilakukannya untuk segera pulihSalah satunya adalah mengubah pola makanDalam hal ini, dia meniru yang dilakukan petenis nomor satu ATP (Asosiasi tenis Putra) Novak Djokovic asal SerbiaTerbukti, hasilnya dengan cepat mengembalikan kondisi fisiknya.

"Saya mengubah diet saya secara keseluruhanBegitu banyak sayuran yang masuk tubuh saya sekarangSaya seperti mengubur cara berpikir saya sebelumnyaSebelumnya, saya adalah orang yang mendahulukan steak (daging) baru kemudian salad (sayuran)," ungkap Venus.

Venus mengakui menyadari diet tersebut sangat berhasil bagi petenis saat membaca buku DjokovicTerutama setelah melihat hasilnya begitu menakjubkan bagi Djokovic dalam setahun terakhirApalagi, upaya yang sama juga dicontek petenis putra yang masuk empat besar ATP, Andy Murray.

"Target saya tahun depan (2012) adalah bermain dalam jadwal penuhItu membutuhkan upaya keras untuk untuk sampai ke sana, tapi saya bukan orang yang asing untuk kerja keras," ujar Venus.

Saat ini, Venus terdampar di peringkat ke-101Hanya konsistensi didukung dengan fisik yang baik bakal mampu mengembalikannya ke jajaran sepuluh besar dalam waktu dekat.

Venus sudah bertarung melawan kondisi fisik yang bermasalah sejak 2009Berbagai masalah fisik menderanya dalam setahun terakhirVenus dipaksa mundur dari babak ketiga grand slam Australia Terbuka akibat cedera pinggangDia absen hingga Juni sebelum berlangsungnya Wimbledon.

Venus hanya bermain beberapa kali sejak comebackSejak mengikuti Wimbledon, dia tak main lagi, termasuk mengundurkan diri dari turnamen pemanasan menuju AS Terbuka, yaitu Toronto dan Cincinnati Terbuka, Agustus lalu.

Venus adalah salah satu dari petenis tersukses di generasinyaDia juara di Wimbledon lima kali dan dua kali di AS TerbukaDia juga meraih tiga medali emas dari Olimpiade serta memenangi gelar ganda putri di seluruh grand slam bersama Serena(ady/aww)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Jendry Minta Maaf


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler