Diguyur Anggaran Puluhan Miliar, Jalan Sukabumi-Suoh Diyakini Mulus 2017

Senin, 14 November 2016 – 23:47 WIB
Parahnya kondisi jalan di Suoh Kabupaten Lampung Barat. Foto: dok/radarlampung.co.id

jpnn.com - LAMPUNG - Pemkab Lampung Barat akan menggelontorkan anggaran senilai Rp 20 miliar pada tahun 2017 mendatang untuk pembangunan jalan sepanjang 33 kilometer di jalur Sukabumi-Suoh.

Anggaran proyek pembangunan jalan itu telah disahkan pada Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) 2017, Senin (14/11).

BACA JUGA: Tarif Parkir Kendaraan di Bandara Kualanamu Naik Menuai Protes

Anggaran tersebut menjadi salah satu program yang lolos pembahasan, sehingga nyaris dipastikan akan terealisasi di tahun 2017 mendatang.

Selain itu, niat Pemkab Lambar untuk mengalokasikan anggaran guna penanganan ruas jalan yang notabennya milik Pemprov Lampung itu, ternyata mendapatkan respon yang cukup baik dari pemprov.

BACA JUGA: Bandung Banjir Terus, Harga Cabai dan Bawang di Cilegon Meroket...Kok Bisa?

Bahkan diinformasikan bahwa pemprov ditahun 2017 mendatang juga akan mengalokasikan Rp 20 miliar, sehingga jika tidak ada kendala total alokasi untuk penanganan ruas jalan tersebut di tahun 2017 mendatang mencapai Rp 40 miliar lebih.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Lambar Ir. Okmal, M.Si., mengatakan, Rp20 milyar yang disiapkan pemerintah daerah dengan asumsi untuk penanganan sekitar 15 kilometer dari total panjang ruas jalan tersebut sepanjang 33 kilometer.

BACA JUGA: Antisipasi Macet Lima Tahun ke Depan, Jalan di Batam Mulai Diperlebar

”Saat ini yang belum mendapatkan penanganan itu masih sekitar 60 persen dari total panjang sekitar 33 kilometer.”

“Dengan anggaran yang disiapkan daerah sebesar Rp 20 miliar itu bisa menangani sekitar 15 kilometer, sehingga jika ditambah dengan anggaran provinsi sebesar Rp 20 miliar maka tuntaslah masalah jalan tersebut,” kata Okmal seperti diberitakan Radar lampung (Jawa Pos Group) hari ini.

Dijelaskannya, penanganan yang akan dilakukan yakni berupa pembangunan rigit beton, kemudian sebagian akan di onderlag (pengerasan badan jalan). 

Dan untuk titik yang akan ditangani yakni akan memperioritaskan titik-titik terparah atau yang selama ini masih sulit untuk dilintasi kendaraan.

”Kalau dari penghitungan kami untuk tahun 2017 mendatang itu masalah ruas jalan tersebut tuntas dan diharapkan tidak ada lagi kendala bagi kendaraan apalagi hingga bermalam di tengah jalan karena sulitnya medan yang dilintasi saat musim penghujan,” timpalnya.

Sementara terkait dengan kondisi jalan kabupaten di Suoh dan Bandarnegeri Suoh (BNS), lanjut dia, di tahun 2017 mendatang juga akan mulus, dan di tahun anggaran 2016 ini hanya menyisakan sekitar dua kilometer yang akan diselesaikan di tahun anggaran 2017 mendatang.

”Bisa kita lihat kalau kondisi jalan kabupaten, rata-rata sudah mulus di Suoh dan BNS hanya tersisa sekitar dua kilometer itu akan kita selesaikan di tahun depan,” pungkas Okmal saat ditemui di gedung DPRD Lambar saat menghadiri sidang paripurna pengesahan RAPBD 2017, Senin (14/11). (nop/lus/ray/jpnn)

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pengamanan Rumah Ibadah di Sumut Langsung Diperketat


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler