Dikalahkan Wasit

Senin, 25 Oktober 2010 – 07:22 WIB
Deltras v Persema, dalam lanjutan Super Liga Indonesia di stadion Gelora Delta Sidoarjo, Minggu (24/10). Deltras unggul 2-1. Foto: Sugeng Deas/JP

SIDOARJO - Skuad Persema harus memendam ambisinya menggapai angka maksimal kala tandang ke Stadion Gelora Delta Sidoarjo, sore kemarinDijamu tuan rumah Deltras Sidoarjo, Laskar Ken Arok dipaksa kalah 1-2 (0-1) dalam lanjutan pertandingan kompetisi Super Liga.

Asah menggapai angka itu sebenarnya ada menyusul Irfan Bachdim berhasil mencetak gol menit 73

BACA JUGA: Ingin Obral Pemain Asing

Dia membawa timnya menyamakan kedudukan imbang 1-1 setelah tertinggal di babak pertama 0-1 oleh gol indah Danilo Fernando menit 29
Bima Sakti dkk kemudian dikalahkan gol pinalty kick Christian Lopez menit 83.

Sejak kick off pertama dilakukan, tuan rumah lebih dahulu berinisiatif memberikan tekanan kepada Persema

BACA JUGA: LPI Resmi Tantang PSSI

Trisula latin Deltras benar-benar memberi ancaman bagi lini belakang Laskar Ken Arok
Sementara, kubu Persema yang ingin mencuri poin maksimal justru membuka peluang cetak gol lewat shooting striker Jaya Teguh Angga menit 7.

Hanya saja tendangan striker timnas ini cukup lemah hingga dengan mudah diamankan kiper lawan, Yanuar Firmanda

BACA JUGA: Hujan Bantu Alonso Kudeta Takhta

Marcio coba membalasnya dengan tendangan bebas di menit 10Tapi, Sukasto Effendi, kiper Persema mampu mengamankannya

Menit 15, giliran Robbie Gaspar nyaris mencetak gol lewat tendangan bebas kaki kirinya tapi arah bola tipis di atas mistar gawang DeltrasTiga menit berselang, Reza Mustofa melepaskan cocoran memanfaatkan tendangan bebas M Kamri tapi tendangannya mampu diamankan lini belakang Deltras dan hanya menghasilkan corner kickLini tengah Persema dibuat benar-benar kerja keras mengawal lini tengah lawan yang dimotori Danilo Fernando dan kapten Ferry Aman SaragihDari peran keduanya, Marcio kembali nyaris merobek jala gawang Sukasto, beruntung tendangan kerasnya jauh dari sasaran, dan gagal disambar Lopez yang berada tepat di depan gawang Persema.

Petaka menimpa kubu tim asuhan Timo Scheunemann setelah Danielo berhasil mencetak gol dari sebuah tendangan keras indah di menit 29Legiun asal Brasil ini mampu lebih dahulu mengelabui Kasan Soleh dan Abanda Herman yang coba menghadang aksi solo run-nyaSukasto pun tidak mampu menepis tendangan tersebut meski sudah harus terbang

Tertinggal 0-1, Persema yang sebelumnya lebih menunggu lawan masuk daerahnya kemudian membalasnya dengan counter attack coba meningkatkan seranganMereka lebih memaksimalkan permainan cepat satu dua sentuhan cepat, dan lebih berani memainkan bola dalam skema 4-4-2.

Hasilnya, M Kamri nyaris membawa timnya membalaskan gol tuan rumahTapi sayang, tendangannya masih mampu ditangkap kiper YanuarSebelumnya, pertahanan Persema sempat dikejutkan oleh aksi tusukan Anang Maruf dari sisi sayap kananKubu Persema sempat protes ke wasit karena mantan winger Persebaya ini berada dalam posisi offsideSkor 0-1 untuk keunggulan bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, Persema semakin bersemangat membalas ketertinggalanTimo mengganti Yogi Alfian dan memasukkan Suroso untuk menambah kokoh pertahananMaklum sektor ini sering kali menjadi lubang yang begitu mudah ditembus lawanSelain itu, dia menggeser Reza lebih ke depan menjadi trisula ujung tombak bersama Jaya dan Irfan Bachdim.

Robbie kembali mengancam lewat shotting menit 49Begitu juga Reza lewat headingnya menit 52Kali ini, lini tengah Persema bermain lebih baik setelah masuknya Jefri Dwi menggantikan Kamri menit 53Kasan Soleh juga nyarus cetak gol lewat shoting jarak jauh menit 60Sayang, peluang itu seluruhnya mampu dihadang kiper Yanuar.

Upaya Persema untuk menyamakan kedudukan baru tercapai setelah Irfan sukses mengoyak jala gawang Deltras dari shooting kerasnyaGol ini berawal dari umpan terobosan Reza, Irfan dengan kecepatannya melepaskan kawalan stopper asing lawan, Steven Hesketh.

Sayang, 10 menit setelah dari gol penyeimbang itu, gawang Persema kembali kebobolanKali ini, Julio Lopez menjadi aktor pembawa timnya unggul 2-1 setelah sukses mengesekusi pinalty kickHadiah itu diberikan wasit M Syafi"i dari Bandung setelah menganggap Suroso menjatuhkan Fery Aman di kotak terlarang

Fery sendiri sebelumnya berhasil menyambar bola rebound tendangan bebas keras Marcio dari luar kotak pinaltyPosisi Ferry memang sudah berdiri sendiriKubu Persema cukup dibuat gregetan oleh keputusan wasitDi sepanjang pertandingan, mereka pun beberapakali protes lantaran banyak pelanggaran keras lawan yang seharusnya lahir free kick untuk Persema.

Menjelang akhir laga, penggawa Persema semakin meradang lantaran ketika Jaya lolos dari kawalan lawan dan berposisi tinggal berhadapan dengan kiper lawanNamun wasit langsung meniup peluit panjang tanda laga berakhirPadahal, injury time alias waktu tambahan masih menyisakan satu dari total dua menitKubu Persema pun langsung memprotes keras wasit Syafi"iWasit dan dua asistennya pun diamankan pihak kepolisian ketika hendak memasuki lorong menuju ruang wasit(poy)       

BACA ARTIKEL LAINNYA... Palsukan Peluit, Terancam Sanksi


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler