Dimenangkan Golput, Pileg 2014 dinilai Paling Bermasalah

Sabtu, 03 Mei 2014 – 16:18 WIB

jpnn.com - JAKARTA - Direktur Riset Maarif Institute for Culture and Humanity, Ahmad Fuad Fanani mengatakan pemilu legislatif 9 April lalu akhirnya dimenangkan oleh golongan putih (golput), karena sekitar 34 persen dari jumlah pemilih tidak menggunakan hak pilihnya.

Selain dimenangkan oleh golput, menurut Fanani pileg 2014 ini merupakan pemilu yang paling banyak masalah selama reformasi digulirkan di Indonesia.

BACA JUGA: Akbar Minta Kembalikan Nama Bapilu

"Pileg 2014 merupakan pemilu paling bermasalah sepanjang bergulirnya reformasi di Indonesia. Hasilnya hanya memberi kemenangan bagi golput sebesar 34 persen," kata Ahmad Fuad Fanani, di Jakarta, Sabtu (3/5).

Dikatakannya, golput di Indonesia umumnya terbentuk tidak didasari atas ideologi, tapi lebih karena berbagai alasan teknis. "Untuk pileg 2014 ini saya yakin, golput naik karena pemilih bingung melihat sistem pemilu proporsional terbuka yang memungkinkan terjadinya rebutan dan kanibalisasi suara di internal partai," ujarnya.

BACA JUGA: Disponsori Pengusaha, Jokowi Sulit Hapus Outsourcing

Masalah lainnya kata Fanani, soal pendidikan nasional yang rata-rata kelas 2 SMP tapi sudah harus dihadapkan dengan pemilu ultra-liberal.

"Ujung-ujungnya, pemilu bagi rakyat untuk mendapatkan uang karena begitu pemilu selesai, elit partai politik juga bagi-bagi kekuasaan untuk mereka nikmati 5 tahun ke depan," kata dia.

BACA JUGA: Setelah JK, Jokowi Bertemu Abraham Samad di Ruang VIP Bandara

Fanani mengungkap peroleh suara golput dalam 4 kali pemilu terakhir yakni 2014 sebesar 34 persen, pemilu 2009 (29,1), pemilu 2004 (23) dan pemilu 1999 (19,21).(fas/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Golkar Harus Cepat Cari Rekan Koalisi


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler