Golkar Harus Cepat Cari Rekan Koalisi

Sabtu, 03 Mei 2014 – 14:29 WIB

jpnn.com - JAKARTA - Ketua Dewan Pertimbangan Partai Golkar (PG) Akbar Tanjung menyampaikan perlu dilakukan evaluasi terhadap kiprah PG dalam mensukseskan Pemilihan Umum 2014, terutama terkait dengan Pemilihan Legislatif (Pileg)

Menurut Akbar, evaluasi perlu dilakukan karena suara yang diperoleh PG dalam Pileg‎ jauh dari target yang ditetapkan. Awalnya, mereka menargetkan 30 persen. Kemudian, sambung Akbar, pada bulan Februari target itu diubah menjadi 27 persen.

BACA JUGA: Mental Jokowi Dinilai Perlu Revolusi

"Tapi kenyataan kita semua tahu Golkar hanya bisa mencapai 14,8 persen dan kalau dikonversi ke kursi antara 91-96 kursi. Sehingga akibatnya Golkar tidak bisa calonkan presiden secara langsung," kata Akbar dalam konferensi pers di rumahnya, Jakarta, Sabtu (3/5).

Menurut Akbar, dengan hasil itu maka PG perlu berkoalisi dengan partai lain. "Dengan perolehan suara yang sekarang ini, Golkar dengan mengacu kepada simulasi dukungan kursi tidak bisa (mencalonkan presiden secara langsung) karena itu perlu berkoalisi," ujarnya.

BACA JUGA: Ical jadi Cawapres Tergantung Rapimnas

Karena itu, Akbar berharap agar Dewan Pimpinan Pusat PG segera bergerak untuk melakukan komunikasi dengan partai lain. Sehingga, lanjut dia, mereka bisa mengusung presiden secara langsung.

"Artinya kesediaan partai untuk berkoalisi dan kesediaan berkoalisi itu menjadikan Golkar bisa mencalonkan langsung," tandas Akbar. (gil/jpnn)

BACA JUGA: Petinggi PKB Ditugasi Dampingi Jokowi Ziarah ke Makam Gus Dur

BACA ARTIKEL LAINNYA... Temui Tokoh Muhammadiyah, PDIP Bantah Sasar Suara PAN


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler