Diperhatikan Dunia, SBY Imbau Jaga Citra

Rabu, 01 September 2010 – 23:25 WIB
JAKARTA - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengimbau kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk ikut menahan diriTerutama katanya, menyikapi semakin memanasnya hubungan antara Indonesia-Malaysia akhir-akhir ini.

Dalam pidato resmi kenegaraan, Rabu (1/9) di Mabes TNI, Cilangkap, SBY mengatakan bahwa rakyat Indonesia harus menjaga citra dan menjaga jati diri, sebagai bagian penting dari sebuah negara yang bermartabat

BACA JUGA: SBY: Redam Masalah, Selesaikan Batas Wilayah

Namun, tetap tanpa kehilangan prinsip dasar kepentingan bangsa.

"Sebagai kepala negara dan kepala pemerintahan, saya (juga) merasakan apa yang dirasakan rakyat saat ini
Saya sungguh mengerti keprihatinan dan emosi yang Saudara-saudara rasakan," kata SBY mengungkapkan perasaannya, terkait krisis saat ini dengan negara serumpun Malaysia.

Menyikapi kekecewaan yang mendalam rakyat Indonesia terkait berbagai kasus yang menjadi pemicu disharmoni kedua negara, SBY mengatakan bahwa pemerintah tidak pernah tinggal diam

BACA JUGA: Mendiknas-Sinar Mas Wakafkan Al Quran

Berbagai langkah diplomatis terus dilakukan
Seiring dengan itu, agar berbagai masalah tidak semakin memanas, rakyat Indonesia pun diminta untuk tetap bersikap bijak.

"Saya mengajak kita menjauhi tindakan yang berlebihan dan aksi kekerasan, karena akan menambah masalah yang ada

BACA JUGA: Pemblokiran Akta TPI Tanpa Perintah Resmi

Tindakan kekerasan justru akan memicu kekerasan yang lainnya," kata SBY lagi.

Pentingnya menjaga sikap ini, kata SBY pula, karena selama ini Indonesia menjadi salah satu cerminan di dunia internasional dalam hal menyelesaikan konflik internal ataupun bilateral yang dihadapi negaranyaTermasuk dalam menyikapi memanasnya hubungan dengan negara tetangga Malaysia.

"Cara kita menangani konflik Indonesia-Malaysia, akan diikuti dan disimak oleh negara-negara sahabat, bahkan internasionalSebagai salah satu pendiri ASEAN, Indonesia selama ini sering menjadi panutan dalam menyelesaikan konflikKarena itu, marilah dalam memperjuangkan kepentingan nasional, kita tetap dengan semangat menjaga perdamaian," imbau SBY pula(afz/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kejaksaan Bekukan Rp 15 Miliar Dana Sisminbakum


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler