Diperiksa KPK, Anas Sebut Peran Ibas

Rabu, 05 Februari 2014 – 14:00 WIB
Anas Urbaningrum saat tiba di lobi KPK, Jalan Rasuna Sahid, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (5/2). Anas menjadi tersangka Tindak Pidana Korupsi (TPK) penerimaan hadiah terkait proyek Pusdiklat Olahraga Hambalang. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Mantan Ketua Umum Partai Demokrat (PD) Anas Urbaningrum menjalani pemeriksaan di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jakarta, Rabu (5/2). Di hadapan penyidik, Anas menyebut nama Sekretaris Jenderal PD Edhie Baskoro Yudhoyono atau Ibas.

Kuasa hukum Anas, Adnan Buyung Nasution menyatakan, kliennya ditanya penyidik soal Kongres PD di Bandung tahun 2010 lalu. "Anas baru cerita tentang kongres, bagaimana dia bisa menang," kata Adnan di KPK, Jakarta, Rabu (5/2).

BACA JUGA: Geledah Rumah Atut di Bandung, KPK Sita Dokumen

Adnan menyatakan, Anas akan membongkar semua pihak-pihak yang terkait di dalam kongres termasuk Ibas yang saat itu menjadi Steering Committe. "Semua peran orang yang ikut di kongres akan dibuka. Nama Ibas sudah disebut," ujarnya.

Menurut Adnan, KPK harus melakukan pemeriksaan terhadap Ibas. Hal ini untuk mengklarifikasi penyebutan nama putra bungu Susilo Bambang Yudhoyono itu oleh Anas.

BACA JUGA: Rp 900 Juta Digelontorkan Rehabilitasi Pasar Tradisional di Sinabung

"Oh iya dong semua orang harus dilakukan klarifikasi. Itu satu teknik penyidikan. Tapi kalau ini pesanan ya enggak (diperiksa)," tandasnya.

Sebelumnya, Anas menyatakan Ibas layak diperiksa apabila KPK ingin menguak mengenai Kongres PD di Bandung tahun 2010 lalu. Sebab ketika penyelenggaraan kongres, Ibas menjadi Steering Committe. (gil/jpnn)

BACA JUGA: Pengumuman Honorer K2 Bakal Molor Sore

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kuota Kelulusan Honorer K2 di Daerah Berbeda-beda


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler