Dipimpin Menteri Amran, Petani Rasakan Banyak Bantuan Pertanian

Selasa, 23 April 2019 – 10:30 WIB
Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman. Foto: Kementan

jpnn.com, BANDUNG - Sejumlah petani memberikan kesan untuk pembangunan sektor pertanian Pemerintahan Jokowi-JK. Bagi petani, pemerintahan Jokowi-JK cukup berhasil dalam memajukan sektor pertanian Indonesia selama empat tahun terakhir.

Yang paling dirasakan petani yakni dengan masuknya berbagai bantuan yang datang secara terus menerus.

BACA JUGA: Kementan: Biodiesel Arahan Jokowi Menghemat Bahan Bakar 30 Persen

"Yang jelas, selama pemerintahan Jokowi-JK kami mendapat bantuan benih, bibit dan alat mesin pertanian seperti traktor, pengering, pencacah dan pompa air. Tapi ada juga cangkul serta perlengkapan lain," kata Ajang, Ketua Kelompok Kerja (Pokja) Petani Desa Marga Asih, Kecamatan Cicalengka, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Sabtu (19/4).

Karena itu Ajang berharap, Presiden terpilih nanti tetap mempertahankan Andi Amran Sulaiman sebagai menteri berikutnya.

BACA JUGA: Uji Coba Biodiesel B100, Amran: Bukan Sejarah Indonesia tapi Dunia

Ajang menilai, Amran adalah sosok pekerja keras dan mampu mendekatkan diri dengan para petani. Dia juga salah satu menteri yang rajin menemui petani di Bandung.

"Dia (Amran) suka blusukan seperti bapak Presiden. Jadi kalau ke Bandung tau taunya udah datang aja sama rombongan. Alhamdullilah petani Bandung punya menteri seperti pak Amran dan kami berharap beliau tetap di pemerintahan berikutnya," ujarnya.

BACA JUGA: Petani Pamekasan Antusias Sambut Bantuan Alat UV Dryer dari Kementan

Menurut Ajang, maksimalnya bantuan membuatnya tak lagi khawatir akan kekurangan benih.

"Kalau bantuan benih memang dari pemerintah yang dulu-dulu sudah ada. Tapi yang paling sering memperhatikan petani baru ini. Perhatian beliau kepada petani sangat luar biasa," katanya.

Ajang menjelaskan, semua bantuan sudah dimanfaatkan para petani Desa Marga Asih untuk memompa produksi.

"Bantuan pemerintah tidak pernah berhenti. Terus terusan datang. Semua bantuan juga sudah digunakan sama petani," katanya.

Untuk hasil panen, kata Ajang, mesin dan teknologi terbukti berhasil meningkatkan jumlah produksi. Salah satunya adalah padi. Jumlah yang dihasilkan mencapai 9 ton per hektare.

Padahal jumlah sebelumnya hanya berkisar di angka 7 ton.

"Kalau untuk jagung mencapai 9 ton per hektare. Tentu saja ini meningkat tajam jika dibandingkan dengan panen raya sebelum menggunakan alsintan," katanya.

Hal senada juga diungkapkan petani Bandung Barat, Mandu Torik (33).

Pria yang sehari-hari bercocok tanam di Kecamatan Gununghalu ini meminta Mentan Amran tetap berada di garis depan membantu para petani di Jawa Barat.

Jangan sampai, kata dia, pemerintah mendatang mengganti posisi Mentan dengan alasan apa pun.

"Buat kami, para petani di Bandung Barat tidak ada sosok menteri yang berpihak seperti Pak Amran. Kami ingin beliau tetap di kursi pertanian," katanya.

Menurut Mandu, alasan itu sangat masuk akal karena selama ini Mentan Amran terus menggelontorkan berbagai bantuan benih, bibit dan alsintan.

"Mohon disampaikan dari kami para petani di Bandung Barat menginginkan Menteri Pertanian dipimpin Amran Sulaiman," tukasnya.

Mengenai bantuan yang digelontorkan pemerintah, Direktur Alat Mesin Pertanian Kementan, Andi Nur Alamsyah menjelaskan selama 2014 bantuan yang dikeluarkan pemerintah untuk alsintan mencapai Rp520,18 miliar dengan volume unit sebanyak 12,501.

"Untuk 2015, total anggaran yang dikeluarkan Rp 1,98 triliun dengan volume unit mencapai 56,785," kata Andi.

Adapun total anggaran yang digelontorkan pada 2016 mencapai 2,96 triliun dengan volume unit mencapai 148,804. Selanjutnya, anggaran pada 2017 mencapai Rp 2,83 triliun dengan volume unit mencapai 84,381.

Sedangkan anggaran pada 2018 mencapai 3,4 triliun dengan volume unit mencapai 126,942.

Andi menambahkan, seluruh bantuan yang tersalurkan merupakan bentuk keseriusan Kementan dalam mendorong peningkatan jumlah produksi.

Selain itu, alsintan juga diharapkan menjadi jalan bagi anak muda agar mau turun langsung ke sektor pertanian.

"Dengan teknologi, kami harapkan generasi milenial mau bercocok tanam, peduli dengan nasib petani dan siap meningkatkan produksi pangan," tukasnya.(jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kementan Genjot Serapan Gabah Petani Wilayah Jawa Timur


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler