Diprotes, Setoran Haji Naik Rp5 Juta

Minggu, 28 Februari 2010 – 07:15 WIB

PURWOKERTO--Masyarakat mendesak Menteri Agama Suryadharma Ali meninjau ulang keputusannya mengenai kenaikan seteron awal biaya perjalanan ibadah haji (BPIH) dari Rp 20 juta menjadi Rp 25 jutaMeski penetapan ini mulai berlaku 1 Maret 2010, namun sikap protes dari warga masyarakat yang berencana menunaikan ibadah haji, sudah mulai muncul.

"Sesuai keputusan menteri agama, mulai  1 Maret 2010 mendatang, calon haji yang mendaftar harus menyerahkan setoran awal sebesar Rp 25 juta

BACA JUGA: Fokus Amplop Coklat dan Uang Rp 500 Juta

Namun, kami masih menunggu regulasi lebih lanjut dari pusat
Keputusannya memang per 1 Maret ada kenaikan setoran awal," kata Kasi Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umroh Purwanto Hendro Puspito.   

Purwanto mengatakan, kebijakan itu untuk menyiasati kenaikan jumlah daftar tunggu keberangkatan haji yang begitu cepat

BACA JUGA: Blora Digetarkan Gempa 5,0 SR

Di Banyumas saja, daftar tunggu haji sudah sampai tahun 2013
Data terakhir, jumlah pendaftar yang sudah membayar setoran awal mencapai 4.143

BACA JUGA: Proses Politik Bisa Terhenti di MK

Yakni untuk tahun 2010 sebanyak 1.050 calhaj, tahun 2011 sebanyak 1.086 calhaj, tahun 2012 sebanyak 1.060 calhaj dan pendaftar pada 2013 sudah mencapai 974 orangDia memprediksi, jumlah ini akan terus bertambah.

Data juga menunjukkan, minat masyarakat Banyumas berangkat haji terus bertambah dari tahun ke tahunMereka juga berasal dari kelas ekonomi yang bervariasi, dengan mata pencaharian yang variatif pulaWarga yang ingin menunaikan haji, lanjutnya, kebanyakan masih dari sektor pertanian dan perdagangan.

Dikatakan, bagi calhaj yang mendaftar sebelum 1 Maret 2010, tetap dikenakan setoran awal sebesar Rp 20 juta"Mereka yang sudah membayar,  tidak dikenakan tambahan lagiHanya berlaku bagi pendaftar mulai 1 Maret," terangnya.

Namun, warga calhaj tetap keberatanBadrudin, warga Bancarkembar, misalnyaDia cerita, ntuk tahun lalu tatkala setoran awalmasih Rp20 juta, banyak warga yang keberatanBahkan, saat mau membayarkan uang setoran itu, sejumlah calhaj kelabakan karena uangnya kurangBaru setoran awal saja sudah memberatkanJangankan Rp 25 juta, tahun kemarin saja mau daftar waktu masih Rp 20 juta tidak jadi karena kurang," ujar BadrudinKarenanya, dia meminta menag meninjau ulang keputusannya itu.

Calhaj yang lain, Sunarti, mengaku merasa beruntung karena sudah masuk daftar tunggu, sebelum ada kenaikan setoran awal"Untung belum naik waktu saya mendaftarKalau harus setor Rp 25 juta memang beratPaling tidak sambil menunggu giliran, masih bisa nabung dulu," katanya(nun/sam/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pahami, Ini Peradilan Politik!


Redaktur : Soetomo Samsu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler