Distribusi Soal Unas Dikawal Polisi

Minggu, 17 April 2011 – 01:52 WIB

CILACAP - Panitia ujian nasional kemarin mulai disebukkan dengan persiapan pelaksanaaan ujian nasional untuk SMA dan SMK yang bakal digelar Senin besokNaskah ujian dan lembar jawaban Sabtu (16/4) tiba di Cilacap dengan pengawalan polisi.

“Soal ini sementara menginap di Disdikpora untuk di cek jumlah paketan yang diterima

BACA JUGA: Dewan Monitoring Unas

Setelah sesuai dengan berita acaranya, maka tempat penyimpangan di segel dan dijaga polisi,” ujar Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Cilacap, Tulus Wibowo kepada Radarmas (JPNN Group)


Dia menjelaskan, soal-soal ujian ini baru akan mulai didistribusikan ke pool yang ada Minggu pagi untuk mendekatkan dengan lokasi ujian

BACA JUGA: Jangan Mau Dirayu Bocoran Soal

Tempat penyimpanan soal selanjutnya  dilakukan di SMA Negeri Majenang, Kroya, SMA negeri 1 CIlacap, Sidarja, Maos dan Jeruklegi.

Distribusi soal ujian dari pool menuju ke daerah ini juga dengan pengawalan ketat kepolisian
Bahkan panitia yang berada di sub rayon tersebut selain menyiapkan ruangan yang aman dan disegel untuk menyimpan soal, juga akan dijaga ketat petugas

BACA JUGA: 25 Siswi Tak Ikut UN, Terlibat Pidana dan Hamil Muda

“Soal baru dikirim ke sekolah-sekolah senin pagi sesuai dengan jadwal ujian nasional saat itu.  Jadi setiap hari ada pengiriman soal ujian ke sekolah,” tambahnya.

Diterangkannya, berbeda dengan dulu dimana sekolah mengambil soal ujianNamun untuk semakin memperketat pengamnan soal, soal-soal ujian ini akan diantar oleh panitia menuju ke sekolah-sekolah yang ada.

Disinggung mengenai antisipasi kebocoran soal ujian, terangnya,  pemerintah dan panitia sudah menyiapkan system pengamanan untuk mencegah kebocoranKehadiran polisi dan juga soal diantar ke sekolah merupakan antisipasi untuk mencegah kebocoran.

Ditambahkannya, dalam satu paket soal ujian yang dulu dua macam sekarang ini ada lima macam dengan kode naskah utama,P 12, P25, P39, P 46 dan P 54Sedangkan kode soal cadangan yakni P 91.   Untuk penyelenggaraan ujian ini panitia telah menyediakan rungan untuk UN SMA sebanyak 304 ruangan dengan 608 pengawasm SMA LB sebanyak 1 ruangan dengan 2 pengawas serta MA sebanyak 62 ruangan dengan 124 pengawas.  Sedangkan SMK sebanyak 490 ruangan dengan 978 pengawas(amu)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Dua Juta Siswa SMA Ikuti UN Besok Lusa


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler