Ditabrak Tongkang, Fender Jembatan Rumpiang Miring

Selasa, 06 Desember 2011 – 11:17 WIB
BANJARMASIN - Fender (peredam tabrakan) jembatan Rumpiang di Kabupaten Batola  dilaporkan dalam kondisi miring akibat ditabrak tongkang batubaraTemuan ini terungkap saat Komisi III DPRD Kalsel melakukan kunjungan ke jembatan tersebut

BACA JUGA: Berstatus Awas, Warga Diminta Siaga



Sekdaprov Kalsel HM Muchlis Gafuri tak menepis temuan itu
Ia berjanji melakukan koordinasi dengan dinas terkait untuk pengaturan lalu lintas tongkang

BACA JUGA: Gamalama Meletus, ISPA Ancam Warga Kota Ternate



Menurutnya, hal ini  perlu dilakukan untuk mengantisipasi tiang jembatan tak tertabrak tongkang lagi
Masalahnya, saat ini fender jembatan Barito dan Rumpiang sudah mulai rusak, bahkan miring.  Jika fender tak segera diganti, tiang jembatan bisa rusak.

“Kita akan berkoordinasi dengan Dishub dan Adpel Banjarmasin

BACA JUGA: Banjir Lahar Dingin Menerjang Tubo

Bagaimana caranya tongkang batubara ini bisa diaturKalau kita lihat, kebanyakan tongkang hanya menggunakan satu kapal pandu di depan,” ungkapnya kepada Radar Banjarmasin, baru-baru ini

Tongkang yang hanya ditarik satu kapal pandu memang agak susah dikontrol, apalagi jika aliran sungai sedang deras dan pengaruh anginTongkang bisa miring dan menabrak fender tiang jembatanSeperti yang terlihat di Jembatan Rumpiang, fender sudah rusak dan harus segera diganti.
 
“Sebenarnya ini juga jadi perhatian Pemkab BatolaMereka juga ingin tongkang batu bara ini bisa diaturBahkan mereka sedang membahas usulan perda untuk tongkang batubara ini,” imbuhnya.
 
Muchlis juga meminta kepada masyarakat agar tak mengambil baut jembatanSebab, jika baut jembatan banyak yang hilang, bisa menurunkan kekuatan jembatan.

“Saya harap masyarakat juga bisa menjaga dan turut memelihara jembatan kita iniJangan sampai ada yang usil mengambil baut jembatan, itu membahayakan keamanan pengguna jembatan lain,” harapnya

Sebelumnya, Ketua Komisi III DPRD Kalsel, Puar Junaidi meminta fender tersebut segera diperbaiki“Kita lihat kondisi fender sudah miring, kalau mendengar penjelasan dari pihak Balai Besar, itu dikarenakan tongkang yang menabrak tiang jembatan,” ucapnya.

Ia juga meminta kepada Pemerintah Kabupaten Batola untuk menertibkan pedagang yang berjualan di atas jembatan Barito, terutama pada Sabtu dan MingguJika menimbulkan kemacetan, ini bisa menambah beban jembatan dan mempengaruhi kekuatan konstruksi jembatan katanya(sip/fuz/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Lalai Bertugas, Tiga Anggota Polda Disel


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler